Jembatan Kumap di Desa Burum Kecamatan Bintang Ara, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan yang ambruk pada Rabu malam, telah berusia 30 tahun.

Salah satu warga Desa Burum Johan menyebutkan jembatan yang menghubungkan ke Desa Panaan dan sekitarnya itu merupakan Jembatan Bailey yang dibangun melalui program ABRI Masuk Desa pada 1992.

Baca juga: Jembatan Sei Kumap ambruk satu korban meninggal dunia

"Jembatan Kumap memang sudah cukup tua dibangun sekitar tahun 1992 melalui program AMD," ungkap Johan di Tabalong, Kamis 

Johan menambahkan Pemerintah Kabupaten Tabalong sempat memperbaiki sementara jembatan tersebut karena sudah rusak pada beberapa tahun terakhir.

Termasuk pemasangan papan peringatan soal pemberitahuan kondisi jembatan yang tidak mampu menahan beban berat.

"Papan peringatan sudah lama dipasang namun masih ada truk  bermuatan besar melintas hingga akhirnya ambruk," ujar Johan.

Setelah Jembatan Kumap ambruk, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR setempat Sunengsi meninjau ke lokasi kejadian dan hingga saat ini truk yang jatuh ke sungai belum bisa dievakuasi mengingat lokasi cukup terjal.

Baca juga: Terpidana korupsi jembatan timbang diringkus Kejari Tabalong
Jembatan Kumap di Desa Burum Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong yang ambruk pada Rabu (3/8) malam. (ANTARA/Herlina Lasmianti)
Kepala Dinas PPUR Kabupaten Tabalong Wibawa Agung Subrata menjelaskan sebelumnya Jembatan Kumap dilakukan rehabilitasi struktur mengingat kondisi jembatan yang  perlu penanganan cepat.

"Pergantian jembatan Kumap atau pembangunan baru sudah kita  usulkan dalam APBD tahun 2024," tutur Wibawa. 

Ia pun  sangat menyayangkan insiden jembatan ambruk saat dilintasi truk bermuatan kayu hingga menelan satu korban jiwa.

Untuk akses menuju Desa Panaan, Desa Hegar Manah dan Desa Dambung Raya warga harus melalui jalur  alternatif di Desa Meho.

Baca juga: Terdakwa korupsi Jembatan Timbang Tabalong jalani sidang perdana

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023