Sebanyak 1.562 personel pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menjaga 781 tempat pemungutan suara (TPS) guna mengamankan dan menyukseskan pesta demokrasi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Kita melaksanakan apel pergeseran pasukan pengamanan Operasi Mantap Brata 2023-2024, mereka akan bertugas di 781 TPS se-Kabupaten HSS," kata Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu di Stadion 2 Desember, Kandangan, Ahad.

Dijelaskan Leo, ribuan anggota pengamanan TPS terdiri dari unsur Polres HSS, Kodim 1003/HSS, dan Linmas yang bertugas pada hari H pencoblosan atau 14 Februari 2024.

Baca juga: Pemkab HSS gelar Shalat Hajat agar Pemilu tanpa gangguan

Para personel pengamanan TPS tersebut akan diberangkatkan dari kabupaten menuju setiap kecamatan usai apel pasukan yang dirangkai simulasi pengamanan TPS saat pencoblosan.

“Dalam melaksanakan pengamanan TPS, para personel kita harus menjunjung tinggi netralitas, jadi suri tauladan maka tidak ada keberpihakan tugas pengamanan,” ujarnya.

Menurut dia, dalam pengamanan nanti, setiap TPS dijaga dua orang linmas, sedangkan dari Polri menerapkan pola 2:6:2, 2:12:24, dan 2:1:2.

TPS yang rawan atau khusus di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Kandangan sebanyak satu TPS dengan dua anggota dari Polri.

Baca juga: Sosialisasi pemilu serentak 2024 sasar pemilih pemula di HSS

Kemudian 26 TPS cukup rawan menggunakan pola enam TPS diamankan diamankan dua anggota Polri dan 12 Linmas, serta TPS aman 12 TPS berdekatan dijaga dua personil Polri dan 24 Linmas.

Penjabat Bupati HSS Hermansyah mengharapkan masyarakat menggunakan hak pilih pada pemilu 2024 di Kabupaten HSS.

“Kita akan jamin keamanan mereka sampai nanti pada saat proses perhitungan suara, tadi sudah kita saksikan juga simulasinya, dan kalau nanti ada hal-hal atau masalah laporkan saja ke pengamanan pemilu kita,” ucap Leo.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024