Kapolres Hulu Sungai Tengah (HST) jajaran Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) AKBP Jimmy Kurniawan memerintahkan seluruh personel siap siaga membantu warga terdampak bencana banjir yang diperkirakan berpotensi terjadi sepanjang musim penghujan pada awal 2024.

“Kamis ini, kami meninjau kembali desa yang tergenang banjir, saya meminta masyarakat agar selalu mematuhi imbauan dari petugas terkait informasi cuaca,” kata dia di Hulu Sungai Tengah, Kalsel, Kamis.

Baca juga: Polres HST distribusikan bantuan di pedalaman Meratus

Jimmy menuturkan pihaknya bersama pemerintah desa dan komunitas menyalurkan bantuan sosial ribuan paket logistik pangan secara bertahap sembari memantau kondisi desa-desa yang tergenang banjir.

“Saya pastikan seluruh personel turun setiap saat membantu warga yang terdampak bencana banjir, ini adalah tanggung jawab sosial kepolisian,” ujarnya.

Kapolres HST menyampaikan rasa prihatin terhadap warga yang mengalami kesulitan akibat terdampak banjir, dia berharap bantuan logistik pangan yang diberikan dapat meringankan beban sosial warga yang terdampak.

Jimmy pun menginstruksikan jajaran agar selalu menjalin koordinasi dengan melibatkan instansi dalam upaya menanggulangi bencana banjir dan siap selalu memberikan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Baca juga: Kabupaten HST alami lima kali banjir dalam satu sebulan terakhir

Menurut dia, kehadiran kepolisian dan pemerintah sangat dibutuhkan terlebih saat kondisi bencana banyak masyarakat yang memerlukan uluran tangan.

Jimmy juga memastikan instansi kepolisian selalu siap bersinergi dengan pemerintah daerah untuk memantau situasi di lapangan sekaligus mengetahui kebutuhan mendesak warga saat kondisi banjir.

Jimmy mengimbau masyarakat selalu waspada terhadap potensi banjir yang bisa saja lebih dalam tergenang mengingat curah hujan masih terus terjadi berdasarkan prakiraan cuaca yang dirilis BMKG di seluruh wilayah Kalimantan Selatan.

“Koordinasi harus terjalin dengan baik agar bantuan tersalurkan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya lagi.

Baca juga: Banjir kembali landa HST Kalsel

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024