Kepolisian Resort Hulu Sungai Selatan (Polres HSS) menyiapkan dua pos pengamanan Natal dan tahun baru dengan melibatkan ratusan personel pada Operasi Kepolisian (Ops) Lilin Intan 2023.

Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu mengatakan Operasi Lilin Intan 2023 dilaksanakan selama 12 hari dengan mendirikan dua pos pengamanan dan melibatkan 374 personel beserta pihak terkait.

"Pos pengamanan tersebut akan kita tempatkan di lapangan MTQ Kandangan, dan di depan Alam Roh Tujuh, Kecamatan Loksado," ujar Leo melalui keterangan tertulis di Kandangan, Jumat.

Baca juga: Pengunjung HSS Expo capai 1.500 orang per hari

Dijelaskan dia, pentingnya sinergi antar unit dalam menjaga keamanan selama liburan akhir tahun, mengingat meningkatnya mobilitas masyarakat dan masa kampanye pemilu 2024 bersamaan dengan perayaan natal dan tahun baru.

Perlunya pengamanan dalam pelaksanaan ibadah natal agar dapat berlangsung dengan aman dan khidmat, dan memastikan lokasi ibadah sudah steril dan melibatkan ormas-ormas keagamaan.

"Pelibatan ormas-ormas kegiatan dalam kegiatan pengamanan dilakukan sebagai wujud toleransi beragama, serta juga negara hadir pada setiap kegiatan ibadah masyarakat," ujar Kapolres HSS.

Adapun, dengan Ops Terpusat Lilin Intan Tahun 2023 diharapkan memberikan rasa aman bagi masyarakat yang merayakan natal dan tahun baru, serta menjaga situasi keamanan di wilayah hukum Polres HSS.

Sebelumnya, Polres telah melaksanakan apel gelar pasukan Ops Lilin Intan 2023 melibatkan seluruh jajaran kepolisian, dan menerapkan strategi keamanan efektif dan mengantisipasi potensi gangguan keamanan.

Baca juga: Kapolres HSS cek senjata api dan kendaraan dinas personel

Satlantas Polres HSS pun sudah memetakan titik rawan saat Operasi Lilin Intan 2023 yang dilaksanakan pada 22 Desember 2023- 2 Januari 2024.

"Titik rawan di Kabupaten HSS ada di Jalan A Yani sepanjang Jalan Kecamatan Angkinang. Kemudian Jalan A Yani sepanjang Jalan Kecamatan Sungai Raya, sampai perbatasan dengan Kabupaten Tapin," kata Kasatlantas Polres HSS Iptu Oki Hermawan.

Ketiga titik tersebut menuju ke tempat wisata di Kecamatan Loksado, dan pihaknya menimbau kepada pengguna jalan untuk memastikan kendaraan yang digunakan sudah layak jalan

Selain itu, Tak lupa pihaknya juga mengingatkan apabila akan melakukan perjalanan jauh, kondisi dalam keadaan sehat dan menyiapkan fisik, sebelum berkendara atau mengemudi.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023