Kapolres Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan AKBP Leo Martin Pasaribu memeriksa peralatan dinas yang digunakan personel, seperti  kendaraan bermotor (ranmor), senjata api (senpi), peralatan pengendali massa, dan peralatan khusus lainnya.

"Saya meminta anggota agar memelihara serta merawat senpi dan ranmor, sehingga sewaktu digunakan dapat berfungsi dengan baik," ujar Leo di Kandangan, Kabupaten HSS, Kamis.

Dijelaskan Leo, pengecekan ini bertujuan menginventarisasi senjata api dan kendaraan bermotor dinas, serta kesesuaian antara administrasi dengan bukti fisik.

Baca juga: Pemkab dan Polres HSS tandatangani NPHD tunjang program Polri

Leo menegaskan aspek kelayakan kendaraan mobil maupun sepeda motor dinas harus berfungsi maksimal untuk menunjang pelaksanaan tugas personel kepolisian.

"Dari hasil pengecekan kita secara umum seluruh kondisi senpi dan ranmor dinas Polri Polres HSS masih bagus," tutur Leo.

Walaupun diakui Leo, masih ada beberapa senjata yang keluaran lama, namun berkat perawatan rutin masih layak digunakan untuk menunjang tugas sehari-hari. 

Leo menekankan anggota yang dipercaya mengendarai kendaraan dinas harus merawat peralatan dinas, sehingga ketika ada kendala dapat segera melaporkan kondisinya.

"Baik dengan pimpinan atau bagian logistik kita untuk dilaksanakan perbaikan dan perawatan, sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," ungkapnya.

Baca juga: Forkopimda HSS "Ngopi Bakesahan" perkuat sinergisitas jelang Pemilu 2024

Adapun sasaran pemeriksaan, yaitu kelengkapan administrasi senjata api dinas, pemeriksaan kondisi kebersihan fisik senjata api dinas, dan pemeriksaan mesin.

Kemudian fisik dan kelengkapan administrasi kendaraan roda dua, roda empat, roda enam serta memeriksa peralatan dalmas dan peralatan khusus untuk kesiapan pengamanan pemilu 2024.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023