Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Disdag HSS) Provinsi Kalimantan Selatan menyatakan jumlah pengunjung pada acara HSS Expo 2023 mencapai 1.000-1.500 orang per hari yang berlangsung di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan.

"Untuk setiap malam sekitar 1.000-1.500 orang, pergeseran jumlah pengunjung sekitar itu," kata Kepala Bidang Bina Perdagangan Disdag Kabupaten HSS Abdul Kodir di Kandangan, Rabu.

Namun saat pembukaan, Kodir mengungkapkan jumlah pengunjung di HSS Expo sekitar 3.000 orang pada Sabtu (9/12).

Kodir memperkirakan jumlah pengunjung akan membludak mencapai 4.000-5.000 orang saat penutupan HSS Expo pada Sabtu (16/12) mendatang.

Sementara itu, Kepala Seksi Lalu Lintas Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten HSS M. Rasyid mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub HSS Hendro Martono, menuturkan kenaikan jumlah pengunjung rangkaian kegiatan HUT ke-73 Kabupaten HSS itu mencapai 15-20 persen per hari.

Rasyid pun memprediksikan masyarakat yang akan datang pada acara penutupan HSS Expo 2023 akan melonjak secara signifikan.

"Peningkatan akan terjadi dan signifikan pada penutupan," ujar Rasyid.

Pantauan di lokasi, Rasyid menyebutkan jumlah pengunjung yang hadir di HSS Expo sangat tinggi kepadatan arus lalu lintas berdasarkan kepadatan kendaraan.

Baca juga: Dishub HSS klarifikasi soal polemik parkir kendaraan di HSS Expo 2023

Guna mengantisipasi kemacetan lalu lintas, Rasyid mengatakan petugas memblokade jalan turunan di Jembatan Antaluddin karena kondisi ruas jalan landai
.
"Hal ini kita lakukan agar tidak ada pengunjung yang memarkir kendaraan di lokasi itu, selain larangan parkir juga rawan akan adanya potensi macet dan kecelakaan" ucap Rasyid.

Secara umum, Rasyid menegaskan kondisi lalu lintas aman dan terkendali selama HSS Expo dengan menempatkan personel Dishub HSS dan Satlantas Polres HSS.

Baca juga: Dishub tegaskan tarif parkir Expo HSS 2023 sesuai perda

Koordinasi dilakukan dalam merekayasa lalu lintas mengamankan HSS Expo yang jadi rangkaian HUT Kabupaten HSS tersebut, termasuk mengantisipasi di lokasi yang berpotensi rawan kemacetan lalu, seperti titik pertemuan arus.

"Kita tetap mengimbau dan mengingatkan warga agar senantiasa taat dan berhati-hati dalam berlalu sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkap Rasyid.

Pemkab HSS mengadakan HSS Expo dengan menyediakan 195 stan terdiri dari 95 peserta expo dan 100 peserta kampung kuliner di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan pada 9-16 Desember 2023.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023