Universitas Lambung Mangkurat (ULM) merancang pembangunan kampus di Banua Anam atau Banjar Hulu yakni wilayah gabungan enam kabupaten yang meliputi sepertiga dari wilayah Provinsi Kalimantan Selatan guna mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

"Lokasi tepatnya masih belum diputuskan, yang pasti kita membutuhkan minimal lahan seluas 30 hektare," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Kejati Kalsel berikan pendampingan ULM terkait PTUN

Alim mengaku telah menyampaikan hal ini ke Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan mendapatkan dukungan penuh dari kepala daerah termasuk para bupati di wilayah Banua Anam.

Rencana pengembangan kampus ULM tersebut merupakan atensi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Ia  menyebut konsepnya program studi di luar kampus utama yakni diselenggarakan di daerah lain.

Baca juga: 140 mahasiswa ULM berprestasi nasional terima penghargaan

"Jadi ULM diminta membuka kampus atau prodi tertentu di luar kota asal yaitu Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru," jelas dia.

Sedangkan program studi yang pertama dibuka yakni untuk fakultas kedokteran dan fakultas kedokteran gigi dengan status mahasiswanya utusan tugas belajar.

"Ini sebagai amanah dari pemerintah kepada ULM menyiapkan sumber daya manusia berpendidikan tinggi guna menyokong kemajuan IKN," jelas Alim.

Baca juga: ULM dan Ombudsman berkolaborasi tingkatkan mutu layanan publik
 

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023