PT Adaro Indonesia melalui Adaro Nyalakan Ilmu memberikan bantuan penunjang program  Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) kepada sepuluh sekolah dasar di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Lewat program Corporate Social Responsibility  Adaro  bersinergi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan dalam  menentukan sekolah dasar sebagian penerima manfaat.

Baca juga: Adaro salurkan 18 perahu sampah dukung "Sungai Martapura ASRI"

"Dari  hasil pemetaan sosial angka harapan sekolah di Kabupaten Balangan masih rendah karena itu Adaro turut membantu penunjang pendidikannya,"  jelas Section Head CSR Wilayah 2 PT Adaro Indonesia, Herianto Andilolo di Paringin, Jumat. 

Herianto menilai angka harapan sekolah di 'Bumi Sanggam' ini  di bawah angka standar Provinsi Kalsel maupun pusat.

Kondisi ini pun memotivasi Adaro turut mendorong atau membantu meningkatkan harapan sekolah anak-anak untuk mau bersekolah.

Sebagai langkah awal, bantuan kali ini diberikan kepada sepuluh sekolah dasar yang berada dalam ring 1 operasional perusahaan di Kabupaten Balangan. 

Di antaranya  SD Negeri Dahai, SD Negeri Sungai Batung, SD Negeri Juai, SD Negeri Tawahan 1, SD Negeri Balida, SD Negeri Lasung Batu 1, SD Negeri Lasung Batu 2, SD Negeri Halubau Utara, SD Negeri Malihu, dan SD Negeri Danau Banta.

Baca juga: Asiknya melukis di keramik berbahan limbah batubara

Bantuan penunjang pendidikan berupa seragam merah putih, seragam pramuka dan tas ransel guna  meningkatkan dukungan orangtua dan sekolah agar anak lebih  bersemangat untuk bersekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan H Abiji menyampaikan rasa  terima kasih dan apresiasi  kepada PT Adaro Indonesia yang sudah puluhan tahun menjalin kerjasama terkait dukungan pendidikan.

"Kami berharap  program bantuan ini tidak hanya diberikan pada sekolah dasar  yang berada dalam ring 1 operasional perusahaan namun menyasar   ke sekolah lainnya," ungkap Abiji.

Apresiasi juga dilontarkan Kepala Sekolah SD Negeri Lasung Batu 2, Muhammad Noorkhalis atas kolaborasi Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan setempat  bersama Adaro  atas bantuan penunjang GNOTA ini.

"Semoga  bantuan ini dapat memberi manfaat bagi kami  terutama para siswa   dan terima kasih atas dukungan Adaro bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan," ungkapnya.

Sebelumnya seremoni bantuan penunjang  GNOTA  kepada sepuluh sekolah dasar di Kabupaten Balangan dilaksanakan di SD Negeri Lasung Batu 2 Kecamatan Paringin.

Baca juga: Metode Pendampingan Adaro - Polanka Berhasil tekan Stunting di Balangan
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023