PT Adaro Indonesia menyalurkan bantuan 18 perahu sampah guna mendukung program "Sungai Martapura ASRI" dengan proyek percontohan 20 desa dan kelurahan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Department Head CSR PT Adaro Indonesia Firmansyah mengatakan bantuan tersebut sebagai komitmen Adaro untuk mewujudkan kebersihan dan menjaga lingkungan di Sungai Martapura.

Baca juga: Asiknya melukis di keramik berbahan limbah batubara

"Bantuan ini bagian tanggung jawab sosial Adaro di bidang lingkungan hidup. Selain perahu sampah kita juga membantu peralatan pendukung lainnya," kata Firmansyah di Desa Sungai Rangas Tengah, Kabupaten Banjar, Kamis.

Bantuan tersebut diserahkan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel  Hanifah Dwi Nirwana mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Selain penyerahan bantuan perahu sampah, Adaro juga menanam 2.000 bibit pohon buah di wilayah yang  menjadi "pilot project" program Sungai Martapura Asri.

Pada sambutannya, Gubernur Kalsel  Sahbirin Noor menyampaikan terima kasih kepada Adaro karena berkomitmen terhadap kebersihan Sungai Martapura.

"Bantuan ini menunjukkan sinergi, komitmen serta kolaborasi dari semua pihak untuk terus menjaga lingkungan khususnya Sungai Martapura," ucap Sahbirin.

Baca juga: Metode Pendampingan Adaro - Polanka Berhasil tekan Stunting di Balangan

Menurut Sahbirin, program Sungai Martapura ASRI yang didukung berbagai bantuan dari mitra diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian semua elemen menjaga Sungai Martapura.

"Menjaga dan memelihara kelestarian Sungai Martapura seperti menjaga pohon buah yang kita tanam hari ini," pesan Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin itu.

Selanjutnya, bantuan tersebut diharapkan dapat memacu mitra kerja maupun mitra lain untuk berkontribusi nyata mendukung program Sungai Martapura ASRI.

Mengingat Sungai Martapura menjadi urat nadi kehidupan masyarakat Banjar yang memiliki berbagai potensi yang bisa digali bersama.

Selain menjadi pemenuhan air bersih dan jalur transportasi, Sungai Martapura memiliki potensi budaya, ekonomi kreatif, pariwisata serta sebagai objek kajian ilmiah dari berbagai disiplin ilmu.

Jadi sudah sepantasnya, seluruh masyarakat menjaga kelestarian dan kebersihan Sungai Martapura agar terhindar dari pencemaran serta kerusakan.

Baca juga: Produk UMKM Binaan Adaro Diminati Pengunjung Pekan Raya Tabalong
 
Department Head CSR PT Adaro Indonesia Firmansyah (kedua dari kanan) didampingi perwakilan kantor BRO Banjarbaru Iswahyudi (kanan) pada acara penyerahan perahu sampah guna mendukung program Sungai Martapura ASRI di Desa Sungai Rangas Tengah, Kabupaten Banjar, Kamis (14/12/2023). (ANTARA/HO-Adaro)

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023