Melukis atau menggambar di keramik berbahan limbah partikel halus dari sisa hasil pembakaran batu bara atau Fly Ash and Bottom Ash (FABA) merupakan hal baru bagi murid sekolah dasar (SD) Muhammad Nizam Ilmi.

Murid SD di Kelurahan Pembataan Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan tersebut  menuangkan kreatifitas menggambar Bendera Palestina di keramik FABA yang telah disiapkan pihak penyelenggara.

Baca juga: Metode Pendampingan Adaro - Polanka Berhasil tekan Stunting di Balangan

Sang ibu Ayu Lestari mendampingi buah hati yang tampak asyik menggerakkan kuas menggambar di media keramik FABA dari hasil kerajinan tangan lembaga pendidikan dan pelatihan JikaMaka Kabupaten Tabalong.

Kegiatan menggambar dan mewarnai di atas media berbahan limbah batubara ini menjadi rangkaian memeriahkan Hari Jadi ke-58 Kabupaten Tabalong pada Pekan Raya Tabalong di Expo Center Mabuun.

Sekaligus sebagai gerakan mencintai lingkungan hidup serta edukasi hasil kolaborasi lembaga pendidikan JikaMaka, PT Tanjung Power Indonesia (TPI) serta Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN).

Baca juga: Produk UMKM Binaan Adaro Diminati Pengunjung Pekan Raya Tabalong
 
Koordinator JikaMaka Widya Putri mengatakan dirinya bersama dua rekannya mempelajari pembuatan keramik FABA ini di Pusat Kerajinan Keramik Desa Dinoyo Kota Malang Provinsi Jawa Timur difasilitasi PT Tanjung Power Indonesia yang merupakan salah satu anak perusahaan Adaro Group.

"Kita menyiapkan 500 keramik FABA hasil olahan tim JikaMaka untuk mendukung kegiatan menggambar dan mewarnai bagi anak-anak," tutur Widya.

Keramik FABA dari hasil kreasi Widya bersama dua rekannya Amanda dan Zain itu diolah dengan berbagai bentuk mulai dari bentuk tabung, hati, prisma, segitiga, bunga dan bentuk lainnya digunakan sebagai media lukisan.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, anak-anak bisa mengekspresikan diri mereka untuk bebas menggambar dan mewarnai pada media FABA yang baru kami kenalkan," kata Widya.

Baca juga: Ponpes binaan Adaro promosikan produk unggulan pada Pekan Raya Tabalong

Section Head CSR PT TPI, Ikroman mengutarakan produk FABA yang digunakan sebagai media menggambar aman untuk anak dan diharapkan kegiatan edukasi ini dapat  meningkatkan kreativitas anak dalam mengekspresikan diri.

"PT TPI bekerja sama dengan JikaMaka membuahkan metode edukasi dari hasil limbah pembakaran batu bara dan keramik FABA ini hasil pengolahan kerajinan tangan dari limbah tersebut," ucap Ikroman.

Sebelumnya, PT TPI sebagai salah satu anak perusahaan Adaro bersama JikaMaka Tabalong mengikuti studi ke Pusat Kerajinan Keramik di Desa Dinoyo Kota Malang pada 6-9 Juni 2023.

Studi ini untuk meningkatkan keterampilan dalam pembuatan keramik dengan memanfaatkan limbah partikel halus sisa hasil pembakaran batu bara atau FABA dari kegiatan PLTU di  PT TPI.

Baca juga: Sebanyak 14 tim ramaikan Turnamen Futsal Antar Wartawan 2023

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023