Penjabat Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan Zakly Asswan menyerahkan 20 unit motor sebagai alat penunjang bagi penyuluh dan delapan unit power thresher untuk kelompok tani.

Pj Bupati HSU Zakly Asswan mengatakan bantuan tersebut diharapkan mampu memotivasi para penyuluh pertanian untuk berinovasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten HSU terutama pada bidang pertanian.

“Kita sangat berharap melalui bantuan ini para petani dan penyuluh pertanian lebih semangat lagi agar meningkatkan kesejahteraan pada bidang pertanian,” kata Zakly di HSU, Kamis.

Zakly menuturkan peran penyuluh pertanian dalam hal ini dirasa sangat strategis untuk menghasilkan teknologi unggulan maupun mendesiminasikan kepada para petani secara berkesinambungan sehingga tercapai kesejahteraan petani di Kabupaten HSU.

Menurut Zakly, untuk mencapai hal itu penyuluh pertanian sebagai ujung tombak dan sebagai orang yang memiliki tanggung jawab terhadap pembangunan sektor pertanian harus membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan pemahaman teknis lainnya.

Selain itu, Zakly juga mengajak para penyuluh pertanian untuk bekerja dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, agar hasil yang didapat pun juga menjadi berkah.
 
Kepala Dinas Pertanian HSU Masrai Syawfajar Nejar secara simbolis saat menyerahkan bantuan kepada kelompok tani di Kantor BPP Sungai Pandan, Kamis (23/11/2023). ANTARA/ragil darmawan


“Semoga apa yang kita kerjakan menjadi ladang amal bagi kita nantinya, serta penyuluh mampu menjadi pundak bagi para petani dalam menyelesaikan masalah-masalah para petani di lapangan agar pertanian di HSU ini semakin maju, mandiri dan modern,” tutur Zakly.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSU Masrai Syawfajar Nejar bersyukur dapat berkumpul dengan para penyuluh pertanian di HSU pada kesempatan temu teknis dan pemberian bantuan ini.

Menurut Masrai, pertemuan teknis ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para penyuluh di lapangan bersama narasumber dari dinas pertanian kabupaten dan provinsi.

Masrai melanjutkan para bidang juga akan menyampaikan program Dinas Pertanian HSU 2024 kepada para penyuluh pertanian.

Diketahui, kegiatan tersebut selain menyerahkan bantuan kepada penyuluh dan petani, juga dilaksanakan peresmian Pos Kesehatan Tanaman (Poskestan) dan launching aksi perubahan optimalisasi pengelolaan sumber daya genetik lokal itik Alabio melalui program Closed Loop pada Bidang Peternakan.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023