Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan menyusul dokumen untuk konsep pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PBL).
 
"Karenanya digelar workshop terkait PBL ini oleh jurusan admistrasi bisnis," ujar Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi saat membuka kegiatan tersebut di Pyramid Suites Hotel Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Poliban bantu kaji pembangunan jalan Lingkar Barat dan Timur Balangan
 
Dia pun mengapresiasi Jurusan Administrasi Bisnis Poliban menggelar kegiatan yang merupakan metode pembelajaran yang tidak hanya berfokus kepada pengajar atau dosen. 
 
Tapi, juga bagi para mahasiswa diberi tantangan dan dikondisikan untuk belajar sekaligus menyelesaikan problem dan projek nyata atau real di lapangan.
 
"Ini kita susun bersama bagaimana dokumen PBL tersebut," ujar Joni.

Baca juga: Poliban ikut ramaikan Expo Hari Oeang 2023
 
Sekalian pada kegiatan ini, ungkap dia, penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa industri.
 
"Harapannya dengan kerja sama ini kita bisa sama-sama membangun pendidikan," ujarnya.
 
Sehingga dapat bersama juga membuat kurikulum yang sesuai kebutuhan industri.

Baca juga: Poliban intensifkan seminar internasional soal ekonomi dan bisnis era 5.0
 
"Bahkan dari industri ini kita undang untuk mengajar dalam kegiatan praktisi mengajar," ujar Joni.
 
Sementara itu, Kepala Jurusan Admistrasi Bisnis Poliban Mey Risa menyampaikan, bahwa untuk kerjasama berbentuk MoU Poliban dengan empat perusahaan di Kota Banjarmasin.
 
"MoU ini sebagai komitmen bersama membangun perkembangan politeknik ke depan," jelasnya.

Baca juga: Poliban boyong 90 mahasiswa bisnis digital untuk kunjungan industri
 
Di mana industri yang digandeng dari beberapa bidang, yakni, di bidang media massa, perhotelan dan jasa konsultan keuangan.
 
Karena kalau dihubungkan dengan tujuan PBL atau konsep pembelajaran berbasis proyek, kata Mey, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja.
 
"Makanya pada kegiatan ini kita libatkan para stakeholder di dunia industri agar nanti ada relevansi pembelajaran dan kebutuhan industri," paparnya.
 
Poliban, khususnya di jurusan administrasi bisnis ini, kata Mey, menyiapkan sumberdaya manusia siap pakai dan siap terjun di dunia industri dan kerja.

Baca juga: Poliban boyong 90 mahasiswa bisnis digital untuk kunjungan industri
 
Jurusan Administrasi Bisnis Poliban saat gelar workshop PBL dan penandatanganan MoU di Pyramid Hotel Banjarmasin, Senin (6/11/2023). (ANTARA/HO-POLIBAN)
 
Baca juga:https://poliban.ac.id/rayakan-bulan-inklusi-keuangan-2023-pegadaian-cabang-teluk-dalam-bagikan-tabungan-emas-pada-mahasiswa-poliban/
 

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023