Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan mengintensifkan seminar bertaraf internasional bertemakan "Pemanfaatan AI untuk kesuksesan pendidikan vokasi pada bidang ekonomi dan bisnis di era 5.0".
 
Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Sabtu, mengapresiasi kegiatan "International Seminar On Vocational Education For Economic And Business Sciences (ISVEEBS) 2023" yang mengundang narasumber internasional.

Baca juga: Poliban boyong 90 mahasiswa bisnis digital untuk kunjungan industri
 
Narasumber tersebut di antaranya, Prof. Dr. Mira Kartiwi dari National Islamic University Malaysia dan Mark Gabriel Wagan, Aguilera dari Kaliyan Educational Foundation Filipina.
 
Joni mengatakan kegiatan yang diselenggarakan secara virtual dan diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi pada Kamis (26/10) tersebut sangat bermanfaat dan penuh ilmu.
 
Menurut dia, kegiatan ini sebagai didedikasikan untuk mempersiapkan mahasiswa terutama bidang ilmu ekonomi dan bisnis menghadapi tantangan dan peluang Industri 5.0.
 
"Saya berharap seluruh peserta mendapatkan banyak informasi dan wawasan dari seminar ini mengenai masa depan pendidikan vokasi dan perannya dalam dunia yang semakin didorong oleh teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI)," terangnya.
 
Akademisi dari National Islamic University Malaysia Prof. Dr. Mira Kartiwi menyampaikan presentasi tentang industri 5.0 dan implikasi terhadap dunia pendidikan.

Baca juga: Poliban undang akademisi Jerman dan Malaysia pada ISVEES 2023
 


"Penting sekali memahami revolusi industri sebelumnya dan bagaimana pola integrasi teknologi ke dalam kehidupan kita" katanya.
 
Mira menilik hal unik dari Industri 5.0, seperti kolaborasi manusia dengan robot, sistem dan ia juga menekankan pentingnya penyesuaian terhadap perubahan dalam teknologi tersebut.
 
Sedangkan akademisi dari Kaliyan Educational Foundation, Filipina, Mark Gabriel Wagan, Aguilera membawakan materi mengenai pentingnya pemahaman AI bagi para pemimpin masa depan dan pengambil keputusan dalam bisnis dan ekonomi. 
 
Dia juga membagikan contoh sistem AI yang digunakan oleh bisnis secara global.
 
Menurut dia, mengapa AI sangat penting dalam kehidupan ekonomi dan bisnis, karena AI sangat relevan dan membuat Bisnis semakin efisien dan mudah.
 
"AI banyak manfaatnya, termasuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengurangi beban kerja bagi bisnis," katanya.

Baca juga: Poliban kerja sama mengajar bersama 20 perguruan tinggi
Poliban gelar seminar internasional bertema "Pemanfaatan AI untuk kesuksesan pendidikan vokasi pada bidang ekonomi dan bisnis di era 5.0 secara virtual, 26 Oktober 2023. (ANTARA/HO-POLIBAN)
Sebelumnya, Poliban juga melaksanakan seminar internasional bertema ""AI Integration in Vocational Education : Shaping the Workforce for Industrial 5.0" dengan mengundang Dr Phil Rita Franshina Maruayana MSc dari Technische Universitat Dresden, Jerman dan Prof Dr Ir Teddy Surya Gunawan, CEng, IPU dari Universitas Islam Internasional Malaysia.

Baca juga:https://poliban.ac.id/international-seminar-on-vocational-education-in-economics-and-business-sciences-isveebs-2023-artificial-intelligence-and-its-benefits-in-economic-and-business-life/
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023