Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan meluncurkan tim khusus yang andal dan terpercaya untuk meningkatkan keamanan sistem komputer guna identifikasi dan mencegah ancaman siber.
 
Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono di Banjarbaru, Senin, meluncurkan tim siber di bawah pengelolaan Dinas Kominfo dan diberi nama Banjarbaru Kota Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

Baca juga: Waspada hujan petir pada siang hari di wilayah Kalsel
 
"Keamanan siber menjadi salah satu prioritas utama pemkot sehingga dibentuk tim bertugas identifikasi, mencegah dan mengatasi keamanan siber yang mengancam infrastruktur komputer kota," ujar Wartono.
 
Menurut Wartono, saat ini Pemkot Banjarbaru banyak menggunakan sistem aplikasi untuk mendukung kinerja pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat sehingga tepat dibentuk tim tanggap insiden siber.
 
Ditekankan Wartono, pembentukan Banjarbaru Kota CSIRT, bertujuan memberikan perlindungan maksimal bagi warga Banjarbaru terutama dari ancaman dan serangan siber yang sering terjadi sekarang ini.

Baca juga: Fraksi Golkar minta pencabutan perda IPPT cukup lewat paripurna
 
Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah pada BSSN Hasto Prastowo, mengatakan perkembangan teknologi sangat cepat sehingga SDM diharapkan bisa mengikutinya melalui tim CSIRT itu.
 
"Sumber daya manusia itu suatu hal yang sangat krusial, karena untuk menyiapkan membutuhkan waktu lama dan teknologi berkembang sangat cepat sehingga harus dapat diimbangi tim CSIRT itu," ungkapnya.
 
Diketahui, pembentukan Banjarbaru Kota CSIRT itu merupakan langkah proaktif Pemkot Banjarbaru untuk menghadapi ancaman keamanan siber yang semakin kompleks dan meningkat era teknologi informasi.
 
Peluncuran Banjarbaru Kota CSIRT juga menjadi bukti komitmen nyata yang dilakukan Pemkot Banjarbaru dalam upaya memajukan teknologi informasi dan melindungi aset digital di era modern ini.
 
Keberadaan tim juga akan menjadi landasan yang kuat untuk menjaga keamanan siber kota dan memberi perlindungan yang lebih baik kepada warga Banjarbaru dalam era digital yang terus berkembang.

Baca juga: Anggota DPRD Banjarbaru tumbuhkan wawasan kebangsaan di kalangan pelajar
 
 
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023