Anggota DPRD Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Anang Sirajudin berupaya menumbuhkan wawasan kebangsaan di kalangan pelajar dengan memberikan pemahaman langsung ke sekolah.
 
"Kami datang ke sekolah melalui program Dewan Masuk Sekolah dan memberi pemahaman kepada siswa fungsi legislator dan menumbuhkan wawasan kebangsaan bagi mereka," ujarnya di Banjarbaru, Ahad.

Baca juga: Mahasiswa Poliban ditempa wawasan lewat program kunjungan industri
 
Menurut Anang, pihaknya datang ke SMA Negeri 4 Banjarbaru, Selasa (10/10) diterima Kepala Sekolah Sumini dan memberi penjelasan kepada siswa mengenai fungsi legislator dan wawasan kebangsaan. 
 
Disebutkan Wakil Ketua Komisi III DPRD itu, pelajar menyimak setiap penjelasan yang diberikan sehingga diharapkan mereka bisa memahami pentingnya berpolitik agar mampu memperjuangkan aspirasi.
 
"Kami memberikan penjelasan baik tentang fungsi legislator maupun wawancara kebangsaan sehingga mereka mengetahui tugas, fungsi dan pentingnya berpolitik demi kepentingan masyarakat," ucapnya.
 
Diharapkan pula, melalui kehadiran anggota DPRD secara langsung ke sekolah-sekolah membangkitkan kesadaran setiap pelajar yang sudah memiliki hak pilih agar menyalurkan haknya pada pemilu mendatang.

Baca juga: Syairi Mukhlis: Bulan Bungkarno sebagai inspirasi wawasan kebangsaan
 
"Harapan kami, program dewan masuk sekolah bisa menumbuhkan kesadaran pelajar menggunakan hak pilihnya sehingga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu akan datang," katanya.
 
Diketahui, program dewan masuk sekolah dilakukan setiap anggota DPRD dengan mendatangi sekolah pada daerah pemilihan (dapil) dan memberikan penjelasan langsung kepada para pelajar.
 
Program itu, selain memperkenalkan sosok anggota DPRD juga bertujuan memberikan penjelasan kepada pelajar terkait fungsi legislator dan pemahaman tentang pentingnya berpolitik bagi warga negara.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023