Wakil Ketua DPRD Kotabaru Kalimanatan Selatan Muhammad Arif mengikuti jalannya upacara Hari Kesaktian Pancasila, yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kotabaru.

"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan simbol pemersatu banagsa," kata M Arif di Kotabaru Ahad.

Arif mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 ini dengan tema "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju" untuk mengenang kembali bagaimana Pancasila sebagai Dasar Negara berdiri teguh dari berbagai upaya yang dilakukan untuk menjatuhkannya.

Dengan makna tersebut di harapkan pemuda Kotabaru mampu menjaga dan menjadi generasi Pancasila, selalu menjaga rasa kesatuan dan persatuan bangsa serta menjunjung tinggi nila-nilai Dasar Pancasila itu sendiri.

“Ideologi Pancasila sebagai pondasi kehidupan bangsa yang tidak dapat digantikan dengan ideologi apapun,” katanya

Hari Kesaktian Pancasila ini perlu diperingati, karena Indonesia pernah memiliki catatan sejarah yang kelam di masa lalu di mana ada kelompok tertentu ingin menggantikan Pancasila sebagai ideologi bangsa. 

"Saat ini, di tengah kemajuan dan kemajemukan, saatnya bersatu, sehingga dapat menangkal ancaman yang datang dari mana pun," tuturnya

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif, dihadiri juga Muspida, serta para peserta apel yang terdiri dari unsur TNI, Polri, intansi, Ormas dan Pelajar.

Pewarta: A Nurahsin Q

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023