Pengelola Bandara Internasional Syamsudin Noor Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan (Kalsel) menyatakan penerbangan pesawat berjalan dengan normal meski terdapat kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sejak Sabtu pagi hingga sore hari.

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Syamsudin Noor Iwan Risdianto menuturkan ada sekitar enam-delapan penerbangan sejak pukul 06.00 Wita hingga sore tetap beroperasi karena jarak pandang masih memenuhi persyaratan.

Baca juga: Petugas berjibaku padamkan karhutla dekat Bandara Syamsudin Noor

“Hasil pantauan kita, hari ini jarak pandang di udara area bandara berada di kisaran 500-600 meter sehingga masih memungkinkan penerbangan maskapai sesuai jadwal,” kata Iwan saat dikonfirmasi di Banjarbaru, Sabtu malam.

Iwan menyebutkan penerbangan tanpa penundaan tersebut juga berdasarkan rekomendasi dan persetujuan dari petugas navigasi udara.

“Walaupun pagi hari tadi kabut asap menyelimuti bandara, kita tetap berkoordinasi dengan pihak navigasi udara untuk menentukan apakah ketebalan kabut asap mengganggu atau tidak,” ucapnya.

Jadwal penerbangan pada Jumat kemarin, Iwan menyebutkan ada lima maskapai mengalami penundaan akibat ketebalan kabut asap terhadap jarak pandang tidak memenuhi syarat penerbangan.

Dia mengungkapkan berdasarkan pantauan petugas di bandara pada Jumat kemarin, jarak pandang udara area sekitar berada di kisaran 300 meter sehingga pihaknya melakukan penundaan penerbangan lima maskapai.

Baca juga: Penerbangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin terganggu kabut asap

Beberapa maskapai yang mengalami penundaan penerbangan kemarin akibat terdampak kabut asap diantaranya tujuan Jakarta dengan maskapai Citilink Air QG 483 semula jadwal keberangkatan pukul 06.00 Wita ditunda menjadi pukul 07.02 Wita.

Selanjutnya, tujuan Surabaya dengan maskapai Lion Air JT 311 jadwal keberangkatan semula pukul 06.10 Wita ditunda menjadi pukul 07.02 Wita, lalu tujuan Jakarta dengan maskapai Super Air Jet IU 625 semula jadwal keberangkatan pukul 06.00 Wita ditunda menjadi pukul 07.07 Wita.

Kemudian tujuan Jakarta dengan maskapai Lion Air JT 529 semula jadwal keberangkatan pukul 07.00 Wita ditunda menjadi pukul 07.26 Wita, dan yang terakhir tujuan Balikpapan dengan maskapai Wings Air IW 1394 semula jadwal keberangkatan pukul 06.35 Wita ditunda menjadi pukul 07.35 Wita.

Iwan menyatakan ketebalan kabut asap pada Jumat kemarin berbeda dengan Sabtu ini sehingga tidak ada satupun jadwal penerbangan pesawat yang mengalami gangguan hingga sore hari tadi.

Lebih lanjut, terkait jadwal penerbangan Minggu besok pihaknya belum dapat memastikan karena saat ini masih tahap pemantauan potensi ketebalan kabut asap.

“Petugas masih memantau kondisi ketebalan kabut asap malam hari ini hingga besok pagi,” ujar Iwan.

Baca juga: Gubernur Sahbirin Noor, pimpin pembasahan lahan di kawasan Bandara Syamsudin Noor

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023