Sebaran kabut asap yang menyelimuti kawasan Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan mulai mengganggu penerbangan di bandara internasional yang terletak di Kota Banjarbaru itu.
 
Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Iwan Risdianto di Banjarbaru, Selasa mengatakan, ada tujuh penerbangan pagi yang mengalami keterlambatan akibat kabut asap.

Baca juga: Kabut asap masuk "kota seribu sungai" Banjarmasin
 
"Ada tujuh penerbangan pagi yang tidak bisa berangkat sesuai jadwal mulai dari pukul 06.00 WITA hingga pukul 08.00 WITA karena sebaran kabut asap menyelimuti landasan pacu pesawat," ujarnya.
 
Iwan menyebutkan, tujuh jadwal penerbangan mengalami penundaan yakni Garuda tujuan Jakarta, Lion Air ke Surabaya dan Jakarta, Super Air Jet ke Jakarta dan Surabaya, Citilink ke Jakarta dan Wings Air ke Balikpapan.
 
Menurut Iwan, jarak pandang di landasan pacu sejak pagi pukul 06.00 WITA hingga pukul 06.30 WITA berkisar 300 hingga 500 meter dan tidak memenuhi syarat sehingga penerbangan ditunda.

Baca juga: Kalsel diprakirakan didominasi kabut asap pada Rabu pagi
 
"Menjelang pukul 07.30 WITA jarak pandang mulai naik sehingga satu persatu pesawat sudah bisa terbang sesuai rute dan terakhir pukul 08.06 WITA pesawat Garuda ke Jakarta sudah berangkat," katanya.
 
Dikatakannya, sebaran kabut asap yang menyelimuti landasan pacu dan membatasi jarak pandang memiliki potensi mengganggu penerbangan sehingga ditunda demi keselamatan penumpang dan awak pesawat.

Baca juga: BMKG ingatkan warga gunakan masker akibat karhutla di Banjarbaru

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023