Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan Dahnial Kifli mengatakan alat Granular Fertilizer Spreader (GFS) 4 menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas saat proses menanam pertanian.

"Azizah telah berhasil memasuki final dalam babak pemilihan pemuda pelopor bidang inovasi dan teknologi dengan teknologi yang luar biasa berupa GFS 4," kata Dahnial Kifli pada Fact Finding Pemuda Pelopor Tingkat Nasional di Gedung Sarantang Saruntung Pelaihari, Selasa.

Baca juga: Hidayatul Azizah wakili pemuda pelopor Kalsel ke tingkat nasional

Diketahui, Hidayatul Azizah menciptakan alat Granular Fertilizer Spreader (GFS) 4 untuk menabur pupuk untuk membantu petani mengefektifkan waktu dan tenaga saat menanam.

Azizah pun menjadi peserta yang mewakili Kalimantan Selatan pada Fact Finding Pemuda Pelopor 2023 tingkat nasional.

Dahnial mengapresiasi wanita asal Tanah Laut sebagai pemenang pada Pemuda Pelopor Tingkat provinsi yang mewakili Kalimantan Selatan ke nasional.

"Saya atas nama pimpinan daerah mengucapkan selamat pada pemuda pelopor Tanah Laut dari Desa Kuala Tambangan Kecamatan Takisung," ungkapnya.

Dia juga mendoakan pemuda pelopor asal Tanah Laut mendapatkan prestasi gemilang dan akan membawa nama "Banua Tuntung Pandang".

Baca juga: Polres Tanah Laut amankan 52 pilkades serentak

Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Tanah Laut Wahidah berharap kepeloporan bidang inovasi dan teknologi tersebut dapat menjadi wakil terbaik provinsi pada tingkat nasional.

"Semoga pada tahapan fact finding ini pemuda pelopor kita terpilih untuk berangkat ke Jakarta tepatnya di Kemenpora untuk seleksi nasional," harapnya.

Dia juga berharap kepeloporan tersebut tidak hanya simbolis, namun diaplikasikan masyarakat dan menjadi pelopor yang dapat merangkul pemuda di Tanah Laut.

Pada kesempatan tersebut diisi dengan presentasi tentang GFS 4 oleh Azizah yang dinilai Tim Kemenpora.

Kemudian acara dilanjutkan dengan tanya jawab, demo pengguna GFS dan penyerahan cenderamata dari  Sekda Kabupaten Tanah Laut kepada Tim Kemenpora.

Baca juga: Satpol PP-Damkar Tanah Laut amankan 52 pilkades setentak

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023