Polres Tanah Laut dibantu TNI, Satpol PP, dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) mengamankan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2023 di 52 desa tersebar pada 11 kecamatan se-Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Rabu mendatang atau 13 September 2023.

"Hari ini seluruh personel yang bertugas dalam pengamanan digeser ke desa-desa yang menggelar Pilkades," kata Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto di Pelaihari, Senin.

Baca juga: Satpol PP-Damkar Tanah Laut amankan 52 pilkades setentak

Dia menyatakan pengamanan yang optimal guna mewujudkan pilkades aman, tertib, dan damai.

Menurut dia, menjaga stabilitas dan kedamaian lingkungan sangatlah penting melalui peran serta seluruh elemen masyarakat tak hanya aparat keamanan.

Ditegaskan Rofikoh, kelancaran pilkades merupakan tanggung jawab bersama sehingga semua pihak agar bersatu demi menjaga integritas terhadap proses demokrasi di level terkecil itu.

Baca juga: DPMD Tanah Laut: 52 desa gelar pilkades serentak

"Pilkades kali ini juga menjadi tolak ukur kesiapan daerah menggelar Pemilu 2024, sehingga momentum ini sangat penting menunjukkan Tanah Laut adalah daerah aman dan damai," tegasnya.

Pendistribusian logistik pilkades mulai dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut pada Selasa esok atau satu hari menjelang pemungutan suara yang tersebar 169 tempat pemungutan suara (TPS).

Adapun dua desa, yakni Desa Tirtajaya di Kecamatan Bajuin dan Desa Bumi Jaya di Kecamatan Pelaihari bakal menggunakan sistem pemungutan suara elektronik atau "e-voting" sebagai percontohan penerapan teknologi digital pada pilkades, yaitu masyarakat cukup menyentuh layar dengan memilih  gambar para calon tanpa harus dicoblos secara manual.

Baca juga: DPMD Tanah Bumbu monitoring tahapan Pilkades di tiga kecamatan

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023