Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Tanah Laut, Kalimantan Selatan Muhammad Kusri mengatakan personel Satpol PP dan Damkar Tanah Laut siap mengamankan 52 pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2023.

“Ada 169 TPS menggelar pemilihan pilkades di Tanah Laut tahun ini. Setiap TPS kita turunkan satu personel untuk bergabung dengan personel TNI, Polri dan Linmas,” ucap Muhammad Kusri usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak 2023 di Halaman Stadion Pertasi Kencana Pelaihari, Senin.

Baca juga: DPMD Tanah Laut: 52 desa gelar pilkades serentak

Menurut dia, para personel Satpol PP dan Damkar Tanah Laut mulai bertugas sejak dilepas pada apel pagi hingga perhitungan suara selesai.

“Hari ini mereka turut mengawal distribusi kotak suara yang akan diantar ke setiap kecamatan, sebelum akhirnya disebar ke 52 desa yang menggelar pilkades," tutur Kusri.

Kusri menjelaskan personel gabungan tersebut bakal memastikan logistik pilkades harus sudah siap pada satu hari sebelum pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS).

Baca juga: Bupati-Forkopimda monitoring Pilkades serentak 2019

"Begitu pun saat pilkades selesai, pasukan akan mengawal kotak suara kembali ke kecamatan, sebelum diserahkan ke kabupaten,” ujar Kusri.

Salah satu tokoh Tanah Laut Abdul Kadir berharap pilkades Tanah Laut berjalan dengan aman dan damai.

"Semoga mereka terpilih sebagai kepala desa bisa menjalankan amanah untuk kemajuan desa," ungkap Kadir.

Baca juga: Wabup lepas pasukan pengaman Pilkades serentak 2019

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023