Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri menyebutkan audit kinerja penting guna meningkatkan kualitas layanan sekaligus mengidentifikasi potensi perbaikan dalam tugas kepolisian.

"Good governance dan clean government menjadi hal yang penting untuk diwujudkan," kata dia saat membuka taklimat awal audit kinerja Itwil I Itwasum Polri tahap II 2023 di Polda Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Polda Kalsel kedepankan aksi edukatif selama Operasi Zebra Intan

Menurut dia, hal itu sejalan dengan kebijakan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang menguatkan fungsi Kepolisian dalam bidang pembinaan, operasional, sinergitas polisional, dan bidang pengawasan.

Dofiri menegaskan Itwasum Polri memiliki tanggung jawab yang amat penting dalam upaya mencapai opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan Polri.

Salah satu langkah kritis yang diambil dalam meraih WTP melalui kegiatan audit kinerja yang fokus pada aspek pelaksanaan dan pengendalian serta kontrol kinerja seluruh manajerial satuan kerja dan satuan wilayah serta penjamin kualitas.

Dia menyebut taklimat awal juga menjadi momen penting untuk merumuskan strategi dan program kerja Itwasum Polri ke depan.

"Kita membahas berbagai isu strategis yang perlu diatasi guna meningkatkan kualitas pengawasan dan memastikan kinerja institusi Polri lebih baik lagi," tutur Dofiri.

Baca juga: Kapolda Kalsel minta Polwan terus tunjukkan prestasi
Irwasum Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri bersama Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi dan jajaran. (ANTARA/Firman)

Sementara Kapolda Kalsel Irjen Pol. Andi Rian Djajadi mengatakan audit kinerja yang dilaksanakan dapat memberikan kontribusi bagi perbaikan maupun penyempurnaan pelaksanaan program di seluruh satuan kerja dan jajaran.

"Tentunya ini mengukur kepatuhan terhadap pengelolaan keuangan negara dengan mempedomani peraturan perundang-undangan, peraturan Kapolri dan standar operasional prosedur (SOP) yang ada," ucapnya.

Baca juga: Ditlantas Polda Kalsel gelar lomba baca puisi meriahkan HUT Lalu Lintas ke-68

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023