Sekretaris Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Suripno Sumas mengatakan peran saksi pemilihan umum atau Pemilu bisa menunjang terwujudnya stabilitas daerah dan nasional.

"Itulah salah satu alasan pada kesempatan mensosialisasikan revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila kali ini mengundang para calon saksi pada Pemilu Tahun 2024," ujar Suripno di sela-sela kegiatan sosialisasi tersebut di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Polresta Banjarmasin ajak pemuda keliling kota deklarasi pemilu damai

Menurut Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel yang juga membidangi sosial politik itu berharap saksi bisa melaksanakan tugas dan fungsi sebaik-baiknya, dan pada gilirannya dapat mewujudkan stabilitas daerah dan nasional.

"Oleh karena itulah, kita merasa perlu memberikan pembekalan terkait tugas dan fungsi saksi pada Pemilu 2024," demikian Suripno Sumas.

Selaku narasumber sosialisasi tersebut H Sugiarto Sumas menyampaikan hal senada dengan Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel sembari menambahkan, pemilu salah satu wujud atau implementasi sila ke-4 yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.

"Peran saksi dalam upaya mewujudkan Pemilu yang Jujur dan Adil (Jurdil)," ujar Sugiarto, pensiunan pegawai Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia bergelar doktor, insinyur dan master teknik tersebut.

Oleh sebab itu, peran dan fungsi saksi penting dalam mensukseskan Pemilu 2024, tegas Sugiarto.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel inginkan Pemilu 2024 lancar

Sementara anggota Komisi I DPRD Kota Banjarmasin H Deddy Sophian mengingatkan tugas saksi sejak pemungutan suara hingga perhitungan guna menghindari kekeliruan atau kecurangan.

"Kesemua tugas dan fungsi saksi dalam upaya mewujudkan pemilu yang jurdil," tegas wakil rakyat "kota seribu sungai" Banjarmasin bergelar sarjana ekonomi tersebut.

Oleh karenanya pula dia berharap, Pemilu 2024 yang merupakan pesta demokrasi berjalan aman dan lancar, penuh dengan sukacita, tanpa silang sengketa yang dapat membuat perpecahan persatuan dan kesatuan.

Pada kesempatan sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila tersebut mengundang para calon saksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Banjarmasin.

Sebelumnya Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila sesuai nomenklatur dengan sebutan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang), namun materinya sama yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca juga: Polresta Banjarmasin deklarasikan pemilu damai

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023