Ketua Umum Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Yani Helmi  mengharapkan agar atlet Sambo asal provinsinya "Go Internasional" atau mendunia.

"Harapan itu saya kemukakan saat membuka Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Sambo Series II Kalsel Tahun 2023 di GOR Indoor Kotabaru (sekitar 300 kilometer tenggara Banjarmasin)," ujarnya, Ahad (3/9).

Baca juga: Atlet HSS sumbang empat medali untuk Kalsel di Kejurnas Sambo

Ia mengapresiasi Kejurprov Sambo Series II tersebut dimana keterlibatan pemerintah daerah (Pemda) setempat termasuk KONI Kalsel dan Kotabaru serta pihak-pihak lainnya sangat berpengaruh terhadap kesuksesan kegiatan tersebut.

"Semoga Kejurprov ini menghasilkan atlet yang bisa mengharumkan Kalsel dalam ajang PON di Aceh dan Sumatera Utara nanti," ujar dia yang juga Wakil Ketua Komisi II DPRD provinsi setempat.

Ia mengharapkan pula, Kejurprov sekaligus ajang seleksi atlet cabang olahraga (cabor) Sambo Kalsel untuk PON nanti, membuat provinsinya bisa mempertahankan serta melebihi raihan medali yang atlet Sambo dapat pada berbagai kejuaraan tingkat nasional dan internasional sebelumnya. 

"Sambo memang cabang olahraga baru, tetapi atlet banua kita sudah ada yang berhasil mewakili Indonesia ketika kejuaraan di Rusia dan Kazhakstan. Bahkan meraih medali emas dan perak pada saat itu," ujarnya.

Guna mewujudkan Cabor Sambo salah satu cabor andalan Kalsel, Paman Yani memastikan Pengurus Daerah (Pengda) Sambo akan terbentuk pada seluruh kabupaten/koa di provinsinya Tshun 2024.

"Saat ini sudah ada sembilan Pengda yang kita bentuk. Kita pastikan 2024 nanti seluruh kabupaten/kota ada pengurus Sambo," katanya. 

Sementara itu, KONI Kotabaru Usman Pahero, mendukung penuh berbagai kegiatan pembibitan atlet Sambo di Kalsel terutama kabupatennya.

Ia mengaku juga akan terus berkolaborasi dengan pemerintah setempat, untuk menyusun berbagai program pengembangan cabor.

"Kita optimistis atlet Sambo Kalsel insyaallah akan berbicara di kejuaraan basional maupun Internasional," katan Usman.

Kejurprov Sambo Series II tersebut dengan 170 peserta dari sembilan kabupaten/kota di  Kalsel yang berlangsung di "Bumi Sa-ijaan" Kotabaru, 1 - 3 September 2023.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023