Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin Kalimantan Selatan menawarkan bantuan biaya pendidikan bagi 591 mahasiswa yang tidak tertampung kuota Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah pada 2023.

"Bantuan biaya pendidikan sesuai kuota yang diberikan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemdikbudristek," kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM Muhamad Rusmin Nuryadin di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Dosen ULM Banjarmasin bina masyarakat tingkatkan kualitas produk UKM

Adapun bantuan biaya yang diberikan berupa pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) selama delapan semester pada program sarjana Strata Satu (S1).

Apabila mahasiswa yang bersangkutan bersedia diharapkan segera mengisi formulir pendaftaran melalui link https://bit.ly/DAFTAR_BANTUANUKT paling lambat 6 September 2023. 

Rusmin yang juga Ketua Pelaksana POMNAS XVIII 2023 mengakui 591 mahasiswa baru tersebut dinilai layak mendapatkan bantuan beasiswa berdasarkan hasil verifikasi tim universitas.

Baca juga: 516 mahasiswa baru ULM terima KIP Kuliah

Oleh karena itu, ULM memperjuangkan calon mahasiswa tersebut bisa mendapatkan beasiswa di luar kuota KIP Kuliah pada 2023 hanya tertampung 516 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

Diketahui, animo pendaftar penerima KIP Kuliah di ULM pada 2023 cukup tinggi bahkan melebihi kuota yang diberikan mencapai lebih dari 1.400 orang.

ULM pun telah mengalihkan sebagian mahasiswa untuk bisa menerima program beasiswa lainnya, di antaranya beasiswa IBFL Batch 4 PT Adaro Indonesia kurang lebih 100 orang, beasiswa Effort PT Arutmin kurang lebih sebanyak 30 orang dan beasiswa Etos id sebanyak empat orang.

Baca juga: ULM sends students to teach migrant workers' children in Malaysia

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023