Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan Taufikurrahman Hamdie mengatakan penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat bisa dilakukan dengan rumus Cerdik.

Cerdik sendiri berupa Cek kesehatan, Rajin olahraga, Diet yang seimbang, Istirahat dan Kelola stress.

Baca juga: Penjabat Bupati Batola hadiri Musrenbang Kalsel 2024 dan terima penghargaan Germas 2022

"Saya yakin jika rumus itu bisa diterapkan maka akan mencegah berbagai penyakit termasuk diabetes," jelas Taufik pada acara koordinasi dan pendampingan  implementasi Germas di Tabalong, Rabu.

Terkait pencegahan diabetes menurut Taufik terpenting bisa  mengurangi konsumsi gula khususnya  di usia 40 tahun ke atas karena jelang lansia kadar  insulin dalam tubuh berkurang.
 
Dalam koordinasi dan pendampingan implementasi Germas yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong juga mensosialisasikan berbagai upaya pencegahan DBD, stunting hingga soal gizi seimbang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong Hj Hamida Munawarah memaparkan soal evaluasi implementasi Germas dan mengajak kalangan ASN menerapkan pola hidup sehat.

"Hindari stress dan rajin- rajin melakukan peregangan saat di kantor  satu upaya mendukung gerakan masyarakat hidup sehat," jelas Hamida.

Selanjutnya para pihak  yang tergabung dalam forum Germas diharapkan bisa menyusun rencana kerja untuk mendukung gerakan ini seperti menjadwalkan senam bersama dan latihan fisik.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tabalong Rusmadi juga memberikan penjelasan soal upaya,  hambatan, tantangan dan inovasi pelaksanaan Germas.

Selain  para ASN lingkup Pemkab Tabalong  dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan dan SKPD Forum Germas ini juga dihadiri perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel Fitti Eleanor Bakhrida (Fungsional Promkes dan Ilmu Perilaku Ahli Muda).

Baca juga: Germas HSS terintegrasi di semua OPD dan instansi vertikal

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023