Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Masyarakat (PKK) Hulu Sungai Selatan(HSS) berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) berkolaborasi melakukan pembinaan, termasuk penyuluhan Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (PK2D).

"Penyuluhan yang kita berikan berupa keterangan mengenai isi piringku, dengan sasaran ibu-ibu pengunjung posyandu," kata Administrator Kesehatan Ahli Madya Irna Nurmiyati, di Desa Gambah Dalam Barat, Kecamatan Kandangan, Selasa.

Dijelaskan Irna, pihaknya memberikan beberapa materi di antaranya bagaimana isi piringku itu untuk orang dewasa, untuk remaja,untuk ibu hamil atau ibu menyusui.

Baca juga: KKG PAI HSS bagikan santunan peringati hari besar Islam

Juga bagaimana isi piringku itu untuk bayi yang berumur 6-8 bulan 9-12 bulan, kemudian untuk anak di umur 13-23 bulan, kemudian anak di umur 3-5 tahun.

"Dengan adanya kegiatan ini ibu-ibu bisa menyiapkan makanan di rumah dengan takaran isi piringku itu, diharapkan dari ibu hamil sampai anak umur dua tahun tidak lagi terjadi adanya stunting. Kita yakin dengan takaran makanan itu tidak akan terjadi stunting,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa akan ada kunjungan dari ibu-ibu kader ke rumah warga dan akan memberikan pelayanan berupa pengukuran, penimbangan, hingga memberikan rekomendasi kepada anak-anak yang sakit agar diantar ke posyandu.

Baca juga: Jambore PKK HSS tingkatkan kreatifitas dan inovasi para kader

"Kita ingin melalui kegiatan ini, anak-anak tidak ada yang stunting lagi di masa yang akan datang, serta kecerdasan, kesehatan tetap menjadi bagian yang utamanya dapat terpenuhi," ujarnya.

Adapun Pembinaan PK2D di Desa Gambah Dalam Barat dilakukan karena desa ini menjadi desa yang ditunjuk Pemerintah Kabupaten HSS, dan disiapkan menjadi binaan PK2D menghadapi penilaian desa binaan peningkatan kualitas keluarga tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Pembinaan ditujukan dalam meningkatkan dan memberikan penguatan ketahanan keluarga dalam hal konsumsi makanan, melalui gizi yang seimbang, yang dilaksanakan melalui pengadaan penyuluhan dari Dinas Kesehatan dan pembinaan dari TP PKK HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023