Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Aditya Mufti Ariffin beserta istri Vivi Mar’i Zubedi selaku Ketua TP PKK Kota Banjarbaru menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI tahun 2023.
 
Penyematan penghargaan BKKBN dilakukan bertepatan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan di Martapura, Kabupaten Banjar, Kamis.
 
"Alhamdulillah, hari ini saya bersama ibu Ketua TP PKK Banjarbaru menerima penyematan Manggala Karya Kencana dari BKKBN. Kami bersyukur atas dukungan seluruh masyarakat dan kerja keras jajaran Pemkot Banjarbaru," ucap Aditya.
 
Menurut Aditya, program-program Pemkot Banjarbaru memang tengah berfokus pada upaya pengendalian penduduk dan keluarga berencana di Ibukota Kalsel dan diharapkan dapat memberikan semangat dan vitamin untuk terus melayani masyarakat melalui berbagai program.
 
Dijelaskan Aditya, program yang membuat dirinya bersama istri bisa mendapatkan penghargaan yang diberikan Presiden RI Joko Widodo melalui BKKBN diantaranya program Banjarbaru Singkirkan Stunting atau Basingsing.
 
"Berkat program Basingsing yang dijalankan Pemkot Banjarbaru itu, percepatan penurunan stunting berjalan maksimal sehingga sudah melebihi target nasional dengan persentase mencapai 13,03 persen," ucap Opie sapaan akrab Aditya.
 
Diketahui, Tanda Kehormatan Manggala Karya Kencana dan Dharma Karya Kencana Tahun 2023 diumumkan melalui Surat Keputusan (SK) Kepala BKKBN Nomor 118/Kep/G2/2023.
 
Manggala Karya Kencana adalah penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui BKKBN RI kepada tokoh atau figur yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.
 
Penghargaan yang diterima wali kota karena komitmen mengendalikan penduduk dan keluarga berencana sedangkan penghargaan Ketua TP PKK karena peran serta aktif dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera guna menurunkan angka stunting melalui Basingsing.
 
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak Banjarbaru Sri Lailana menyebutkan sejumlah indikator hingga meraih dua penghargaan sekaligus.
 
Pertama wali kota dinilai memiliki komitmen besar dalam membangun Program Bangga Kencana yang merupakan program unggulan dari BKKBN RI guna menjadikan keluarga sandaran pembangunan dan fokus mewujudkan keluarga berkualitas.
 
Indikator lainnya, keterlibatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengimplementasikan kebijakan kepala daerah. Contohnya seluruh kelurahan di Banjarbaru ditetapkan menjadi Kampung Keluarga Berkualitas (KB) pada 2023.
 
"Semua itu berhasil diwujudkan dan bukan hanya membentuk tetapi juga melakukan pembinaan terhadap masyarakat mengenai program KB dan kesejahteraan sosial," ucap pejabat perempuan itu.
 
Dikatakan Sri, indikator selanjutnya dukungan operasional Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Program Bangga Kencana, selama dua tahun berturut sehingga wali kota dinyatakan memenuhi syarat layak menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana bersama 58 kepala daerah se-Indonesia.
 
Khusus di Kalsel hanya tiga kepala daerah yang menerima penghargaan yakni Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Bumbu. Sebelumnya penyerahan penghargaan secara seremonial dilaksanakan dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2023, di Kota Palembang, Sumatera Selatan, awal Juli lalu.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023