Sebanyak 300 orang anak berasal dari lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) mengikuti berbagai rangkaian lomba memperingati Hari Anak Nasional 2023 di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin melaksanakan lima rangkaian lomba diantaranya lomba mewarnai, lomba menggambar, lomba pantun, lomba membaca surah pendek, dan lomba karnaval.

Baca juga: Muhammadiyah bukan hanya "mengIndonesia" tetapi "mendunia"

“Kegiatan lomba ini untuk mewujudkan Indonesia maju tanpa kekerasan pada anak,” kata Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor di Banjarmasin, Senin.

Arifin menyebutkan untuk mewujudkan Indonesia yang maju, seluruh pihak harus bekerja sama melindungi anak dari segala bentuk tindak kekerasan dengan cara memberikan kegiatan yang menyenangkan bagi anak.

“Jangan ada lagi pemukulan terhadap anak, orang tua jangan ribut di depan anak,” ucapnya.

Menurut dia, jika hal tersebut dialami oleh anak, dapat mengakibatkan dalam kondisi tertentu anak akan suka menyendiri sehingga berdampak pada hal negatif yang dapat merusak masa depan.

Baca juga: Info Haji - 2.939 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin tiba di Tanah Air
Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor (tengah) memberikan keterangan saat menghadiri acara lomba kreativitas anak PAUD dan TK dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2023 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (24/7/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)

Ia menuturkan kegiatan lomba bagi anak PAUD dan TK memiliki dampak positif, anak mampu mengembangkan pola pikir dengan menuangkan berbagai ide dan kreativitas.

Dia juga mengungkapkan pemerintah setempat secara konsisten melakukan berbagai upaya pemetaan lokasi strategis bagi anak untuk menuangkan kreativitas.

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Banjarmasin Nuryadi mengatakan kegiatan lomba yang dilaksanakan untuk meningkatkan perlindungan bagi anak anak khususnya tingkat PAUD dan TK.

Baca juga: Kalsel kemarin, dari pencegahan bencana hingga Pemkab HSS salurkan santunan kebakaran

“Kita selalu mengimbau lembaga pendidikan anak dan melakukan pengawasan untuk mencegah tindak kekerasan pada anak,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pembinaan PAUD Disdik Kota Banjarmasin Edy Junaidi menyebutkan upaya untuk mengasah bakat dan potensi anak terus dilakukan dalam rangka mengetahui tingkat perkembangan pendidikan anak.

“Rangkaian lomba yang kita selenggarakan sesuai bidang minat dan bakat anak,” ujar Edy.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin ajak anak yatim piatu nobar Jendela Seribu Sungai

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023