Bupati Tapin, Kalimantan Selatan HM Arifin Arpan optimis daerah Tapin bisa menjadi lumbung pangan untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. 

"Kita punya komitmen harus tercapai kebutuhan pangan di IKN," ujarnya di Bendungan Tapin, Desa Pipitak Jaya, Kamis. 

Komitmen itu, kata Arifin, terkait produktivitas pertanian khususnya beras yang terus ditingkatkan setiap tahun mengiringi potensi Bendungan Tapin yang sekarang sudah tersambung dengan sebagian jaringan irigasi. 

Baca juga: Bangkitkan pertanian Kalsel sebagai kekuatan ekonomi sambut IKN Nusantara

"Jangan sampai dengan adanya bendungan Tapin masyarakat tak menikmati," ujarnya. 

Sejak diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2021 lalu, kata Arifin, dampak bendungan ke sektor pertanian saat ini masih belum terlihat signifikan. 

"Empat sampai lima tahun mendatang akan terlihat hasil pertanian," ujarnya. 

Diketahui, proyek rehabilitasi jaringan irigasi sepanjang 27,73 km selesai dikerjakan. Sedangkan, jaringan irigasi lain masih dalam proses pengerjaan.  

Baca juga: Umur batu bara diprediksi tinggal 10 Tahun, Bupati Tapin arahkan ke pertanian

Terkait daerah irigasi (D.I) Tapin yang direhabilitasi ini adalah satu dari 72 irigasi premium Indonesia. Pembangunannya, masuk rangkaian pada agenda besar negara periode 2015-2025 untuk mewujudkan ketahanan pangan dan air secara nasional. 

Serapan anggaran untuk rehabilitasi irigasi yang dibangun pada 1989-1993 silam itu, mencapai Rp115 miliar bersumber dari pinjaman luar negeri (loan).

Dana itu didapat melalui program  Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program  (IPMIP) yang didukung Asian Development Bank (ADB)  dan International Fund for Agricultural Development (IFAD). 

Baca juga: Dinas Pertanian Kapuas belajar ke Tapin maksimalkan "food estate"

Kini, sebagian petani diklaim sudah merasakan manfaat dari irigasi sepanjang 27,73 km itu. Target dari rehabilitasi ini, air bisa menjangkau sawah seluas 2.603 hektar. 

"Berdasarkan pernyataan Ketua P3-TGA Desa Bungur Baru, sekarang sudah bisa diterapkan  pola tanam dua kali lipat. Sebelumnya, pendapatan awal petani hanya 3-4 ton, setelah rehabilitasi meningkat  menjadi 7-8 ton (/hektar)," ujar Staf Teknis Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III Gunadi Anom. 

Baca juga: Irigasi Tapin tingkatkan produksi pertanian

Melalui D.I Tapin ini, BWS Kalimantan III mencatat. Kata Gunadi,  terdapat 15 perkumpulan petani pemakai air (P3A) telah menikmati manfaat pembangunan dari program pemerintah pusat. 

Terbaru ini, mereka juga sedang berupaya merealisasikan rencana yang dinilai bisa memaksimalkan potensi dari bendungan yang memiliki kapasitas 56,7 juta meter kubik air tersebut. 

Rencana itu, adalah pembangunan saluran tersier agar air bisa menjangkau lebih luas lahan-lahan pertanian fungsional. 

"Terkait dengan pembangunan jaringan tersier, dalam proses usulan  untuk pembangunannya," ungkapnya.

Baca juga: Tapin tawarkan solusi atasi inflasi pangan dan kebutuhan beras Palangka Raya Kalteng

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023