Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan Turnamen Futsal Wali Kota Cup 2023 dalam rangka menjaring bibit atlet muda unggul yang berpotensi untuk diberikan pembinaan.

Pertandingan futsal tersebut diikuti sebanyak 20 tim diantaranya merupakan peserta dari jenjang pendidikan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dan beberapa klub futsal di Kota Banjarmasin.

Baca juga: BI Kalsel kembali gelar ekspedisi rupiah susur sungai

“Atlet butuh pertandingan, jangan hanya latihan saja,” kata Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina di Kota Banjarmasin, Rabu.

Ibnu Sina menyebutkan tujuan kompetisi tersebut juga untuk melihat sejauh mana perkembangan para atlet yang dibina selama mengikuti proses latihan di klub futsal masing-masing.

“Turnamen ini sebagai sarana bagi anak muda untuk menunjukkan bakat dan kemampuan,” ucapnya.

Dia menuturkan kegiatan positif seperti kompetisi olahraga harus dilakukan secara bertahap terhadap anak anak mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga jenjang SLTA.

Baca juga: Walikota Banjarbaru dan Walikota Banjarmasin terima penghargaan Kota Peduli HAM
Para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin sedang mengikuti eksibisi sebelum pelaksanaan Turnamen Futsal Wali Kota Cup 2023 di GOR Hasanuddin Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (19/7/2023). (ANTARA/Tumpal Andani Aritonang)

Lebih lanjut, pembinaan sejak diri diperlukan karena tidak cukup hanya mengandalkan atlet berbakat tetapi harus juga melalui kerja keras berupa latihan secara berlanjut.

Menurut Ibnu Sina, atlet muda yang potensial dibina yakni  mulai dari umur delapan tahun hingga 17 tahun.

Ia mengatakan pula pembinaan terhadap usia emas tersebut merupakan untuk mewujudkan regenerasi atlet futsal yang handal di Kalsel khususnya di Kota Banjarmasin.

Baca juga: Walikota Banjarmasin jadi Wakil ketua AKKOPSI

Dia mengungkapkan Turnamen Futsal Wali Kota Cup tersebut rutin diselenggarakan per tahun.

Ibnu Sina berharap para peserta tetap menjunjung tinggi sportifitas sebagai wujud sikap profesionalitas seorang atlet.

Pelaksanaan turnamen futsal tersebut berlangsung pada 19-21 Juli 2023 sekaligus dirangkaikan untuk memperingati hari anak nasional (HAN).

Baca juga: Banjarmasin naik peringkat jadi Kota Layak Anak kategori Nindya

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023