Gubernur dan Pimpinan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mengharapkan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) provinsi tersebut untuk Tahun Anggaran 2024 segera rampung.

Gubernur H Sahbirin Noor maupun pimpinan DPRD Kalsel menyampaikan harapan itu saat penyampaian rancangan KUA-PPAS 2024 pada rapat paripurna dewan provinsi tersebut yang dipimpin Ketua DPRD Kalsel H Supian HK di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel apresiasi polisi aksi bersih-bersih Banjarmasin

"Dengan akan rampungnya pembahasan KUA-PPAS tersebut akan mempercepat pula pembahasan Rancangan Anggota Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kalsel 2024," ujar Gubernur dalam pengantarnya yang dibacakan.

Ketua DPRD Kalsel menyampaikan harapan senada sembari menambahkan, KUA-PPAS sebagai pedoman dasar dalam menyusun dan menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun depan.

Gubernur  yang akrab dengan sapaan Paman Birin menyebutkan, dalam KUA-PPAS Kalsel 2024 untuk pendapatan daerah Rp10,056 triliun lebih dan belanja Rp10,308 triliun lebih.

Baca juga: DPRD Kalsel dukung Pemprov bangun kembali RSJ Tamban

Sedangkan yang berkaitan KUA memuat kondisi ekonomi makro daerah, kebijakan pendapatan, belanja, pembiayaan dan strategi, ujar Gubernur dalam penjelasannya yang dibacakan Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar.

Sementara jabaran singkat PPAS 2024 antara lain penguatan sektor industri, usaha mikro kecil menengah (UMKM), pertanian dan pariwisata.

Selain itu, meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Memperkuat infrastruktur untuk pemenuhan pelayanan dasar dan pengembangan perekonomian daerah.

Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang fokus pada pelayanan publik. Meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup untuk mendukung ketahanan bencana, demikian Paman Birin.

Baca juga: Wakil Wali Kota Banjarbaru sampaikan KUA PPAS 2024 ke DPRD
Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar membacakan KUA-PPAS APBD setempat Tahun 2024 pada rapat paripurna DPRD provinsi tersebut di Banjarmasin, Kamis (13/7/24). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Sebelumnya atau pada APBD Kalsel 2023 (sesudah perubahan ) pendapatan daerah realisasi Rp8,15 triliun lebih atau 103,83 persen (sekitar Rp1 triliun) dan belanja daerah dianggarkan Rp6,04 triliun lebih.

Pada kesempatan rapat paripurna DPRD Kalsel itu pula pengambilan keputusan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rancangan Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) setempat tahun 2023-2042.

Baca juga: Kontingen PMR Kalsel disambut gembira atas prestasi Jumbara IX Lampung

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023