Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Ikhsan Budiman mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi di kotanya naik pasca pandemi COVID-19.
 
Menurut dia di Banjarmasin, Kamis, setelah pandemi COVID-19 dicabut pertumbuhan ekonomi Kota Banjarmasin naik sekitar 2,28 persen pada 2022.
 
Sesuai data Badan Pusat Statistik Kota Banjarmasin untuk pertumbuhan ekonomi pada tahun 2022 tersebut mencapai 5,69 persen.
 
Jika dibandingkan pada tahun 2021, karena pandemi COVID-19 masih cukup tinggi, hingga perekonomian melambat, pertumbuhan ekonomi hanya 3,41 persen.
 
"Jadi tahun 2022 pertumbuhan ekonomi Kota Banjarmasin membaik dan meningkat sebesar 2,28 persen dari 2021," terangnya.
 
Di tahun 2023 hingga 2024 ini, kata Ikhsan, diprediksi akan lebih membaik dan meningkatkan lagi, hingga ditarget pertumbuhannya mencapai 4,00 persen hingga 5,75 persen.
 
"Pemulihan ekonomi diperkirakan terjadi setelah berlalunya pandemi COVID-19 serta diperkuat dengan berlanjutnya pembangunan beberapa infrastruktur," ujar Ikhsan.
 
Belum lagi sektor pariwisata Kota Banjarmasin yang juga terus meningkat kunjungannya, ini juga membuat laju perekonomian daerah.
 
Ikhsan pun menyampaikan, tema pembangunan Kota Banjarmasin hingga 2024 adalah "pemantapan kualitas sumberdaya manusia dan penguatan ketentraman dan keamanan masyarakat untuk penguatan ekonomi".
 
Dengan target capaian, kayanya, meningkatkan perekonomian melalui sektor unggulan daerah, menuntaskan kemiskinan ekstrim, peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang mampu bersaing, meningkatkan ketentraman dan keamanan masyarakat.
 
"Demikian juga meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan dan meningkatkan tata kelolanya," demikian kata Ikhsan Budiman.
 
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023