Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tirta Jaya Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat pada Kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Kunyit.

Kepala Puskesmas Tirta Jaya Rita Hidayati mengatakan pelayanan kesehatan gratis itu meliputi pengobatan umum, keluarga berencana, dan sunatan massal.

Baca juga: Dinkes skrining kesehatan usia produktif ASN dan PTT Tanah Laut

“Kita menghadirkan pelayanan pengobatan umum diikuti  70 orang," ujar Rita di Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Rabu.

Menurut dia, pelayanan untuk keluarga berencana berupa pasang implan terdapat empat orang dan IUD ada tiga orang. 

"Selain itu kita juga melaksanakan sunatan massal yang diikuti oleh 11 anak serta pemberian pil tambah darah kepada remaja putri,” kata Rita.

Lebih lanjut, dia mengemukakan ada beberapa pelayanan kesehatan kepada masyarakat tanpa dipungut biaya alias gratis. 

Baca juga: Imuniasasi bagi anak sekolah di Tanah Laut belum capai target

Pelayanan kesehatan tersebut, diungkapkan dia, Puskesmas Tirta Jaya bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tanah Laut dan dibantu perawat dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Tanah Laut.

"Semua pelayanan kesehatan kita berikan kepada masyarakat ini gratis termasuk cek tekanan darah, cek asam urat, cek gula darah dan cek kolesterol pada pengobatan umum,” paparnya.

Bupati Tanah Laut HM Sukamta dan Ketua Tim Penggerak PKK Tanah Laut Nurul Hikmah Sukamta turut memantau pelayanan kesehatan gratis tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati Sukamta juga menyerahkan dokumen kependudukan, tanda kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, tabungan pelajar dan bibit pohon, serta paket sembako.

Baca juga: Pemkab siapkan Rp58 miliar untuk perlindungan kesehatan warga Tanah Laut 
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tirta Jaya Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat pada kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Kunyit, Tanah Laut, Rabu (21/6/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Tanah Laut

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023