Untuk deteksi penyakit tidak menular (PTM) Dinas  Kesehatan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, melakukan skrining kesehatan usia produktif terhadap seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai tidak tetap (PTT) di Dinas Komunikasi dan Informatika Tanah Laut.

“Skrining kesehatan usia produktif ini kita lakukan dalam rangka memantau kesehatan usia produktif, baik tensinya,  gula darahnya, asam urat dan kolesterol ASN dan PTT di Kabupaten Tanah Laut,” ucap Pengelola PTM Puskesmas Angsau Yani, selepas melakukan pemeriksaan kesehatan PNS dan  PTK, di Dinas Kominfo Tanah Laut, Kamis (2/3).

Dari hasil pemeriksaan, dia mengingatkan kepada para seluruh karyawan dan karyawati yang hasil pemeriksaannya berada di atas normal untuk memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan.

“Rutinlah untuk skrining kesehatan agar dapat mengetahui tekanan darah, gula darah, bahkan kolesterol agar terpantau. Kalau terdapat hasil pemeriksaan yang tinggi boleh berperiksa ke puskesmas terdekat," saran Yani.

Dari hasil pemeriksaan terhadap 34 orang di Diskominfo Tanah Laut, ucap dia,  terdapat  beberapa yang hipertensi dan kolesterol.

Adapun jenis pemeriksaan deteksi dini yang pihaknya lakukan itu, jelas dia, berupa faktor risiko PTM,  di antaranya pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, pertanyaan terkait merokok atau tidak.

Selain itu, sambung dia,  pendeteksi dini kanker leher rahim, penglihatan, pendengaran, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, asam urat dan kolesterol.

Kepala Diskominfo Tanah Laut Husein Irianta mendukung sepenuhnya pemeriksaan terhadap kesehatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan PTT di lingkup  SKPD Pemkab Tanah Laut.

"Dengan adanya skrining kesehatan secara rutin sangat mendukung terhadap aktivitas seluruh pegawai, sehingga  dapat melaksanakan tugas dalam keadaan fit. Jika ditemui indikasi gangguan kesehatan secara dini dapat melakukan pengobatan," tutup Husein.
Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut melakukan skrining kesehatan usia produktif terhadap seluruh aparatur sipil negara dan pegawai tidak tetap di Dinas Komunikasi dan Informatika Tanah Laut, Kamis (2/3/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023