Imunisasi bagi anak sekolah di beberapa puskesmas di Kabupaten Tanah Laut hingga saat ini belum mencapai target yang ditentukan pemerintah daerah setempat.

Bupati Tanah Laut Sukamta mengatakan, imunisasi diberikan kepada anak sekolah itu seperti vaksin campak, vaksin robela, maupun lainnya.

"Saat ini target yang sudah tercapai imunisasi di beberapa Puskesmas berada di 77 persen, 80 persen, padahal target Pemkab Tanah Laut imunisasi anak sekolah mencapai 90 persen," kata Sukamta, selepas meresmikan Puskesmas Panggung, Kecamatan Pelaihari, Rabu (1/2).

Dikatakan, belum optimalnya vaksin terhadap anak sekolah, dikhawatirkan menyimpan bom waktu ke depannya.

Bupati ia meminta, kepada media mensosialisasi imuniasi kepada warga Tanah Laut agar membawa anak-anaknya untuk segera imunisasi untuk mendapatkan vaksin yang diperlukan anak.

Lebih lanjut dia mengemukakan, Kabupaten Tanah Laut saat ini sudah memiliki 22 puskesmas tersebar di 11 kecamatan untuk memberikan layanan kesehatan kepada warga.

"Gunakan fasilitas kesehatan yang ada, jangan sampai baru sakit baru berobat ke puskesmas," pintanya.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Laut Isna Farida mengatakan, pelayanan kesehatan di puskesmas berupa layanan rawat jalan berupa pelayanan kesehatan dasar.

"Pelayanan dasar itu seperti kesehatan gigi, kesehatan itu dan anak, bayi dan balita," terangnya.

Saat ini, terang dia, fasilitas di puskesmas sudah standar dan ke depan akan terus ditingkatkan agar pelayanan kesehatan semakin dirasakan masyarakat.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023