Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sukamta mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut melalui program Universal Health Coverage (UHC) menyiapkan anggaran lebih kurang Rp58 miliar untuk membiayai perlindungan kesehatan seluruh warga Tanah Laut.

"Pemkab Tanah Laut melalui program Universal Health Coverage (UHC) sudah mendaftarkan seluruh warga Tanah Laut menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan," ujar Sukamta pada peresmian Puskesmas Panggung, Rabu (1/2/2023). 

Dengan demikian, menurut dia, warga Tanah Laut sudah memiliki akses jaminan kesehatan pada BPJS Kesehatan.

Kebijakan tersebut, jelas dia, merupakan komitmen Pemkab Tanah Laut untuk melindungi seluruh warganya.

 "Semoga kebijakan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh warga Tanah Laut,” kata bupati

Universal Health Coverage, terang dia,  merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau. 

Bupati berharap, dengan fasilitas tersebut semua warga Kabupaten Tanah Laut dapat menikmati pelayanan kesehatan secara gratis. 

Dia meminta,  kepada warga untuk tidak ragu memeriksakan kesehatan ke pelayanan kesehatan terdekat. 

“Kepada warga Tanah Laut, jangan takut dan ragu untuk datang ke rumah sakit dan puskesmas kita. Setiap ada gejala yang kita rasakan langsung saja periksakan ke fasilitas kesehatan kita,  jangan nunggu sakit baru periksa,” lanjut bupati.

Selain itu, Sukamta juga menyampaikan,  pihaknya akan terus berupaya meningkatkan sumber daya kesehatan dan pelayanan kesehatan, sehingga mampu menangani keluhan kesehatan seluruh warga Tanah Laut. 

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Laut Isna Farida menambahkan, untuk pelayanan kesehatan dasar warga bisa memanfaatkan puskesmas yang ada.

"Seluruh puskesmas tersebar di 11 kecamatan di Tanah Laut siap melayani pelayanan kesehatan dasar warga," tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023