Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan (Diskominfo Prov Kalsel) meminta seluruh media massa pro aktif mempublikasikan program pemerintah setempat terkait pembangunan prioritas menuju gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Pemberitaan tentang program mendukung IKN Nusantara harus digencarkan agar diketahui oleh masyarakat,” kata Kepala Seksi (Kasi) Kemitraan Komunikasi Publik dan Hubungan Media Diskominfo Kalsel Erlinda Puspita Ningrum di Banjarbaru, Selasa.

Baca juga: Kalsel siap menjadi penyangga pangan IKN

Saat ini, Erlinda menuturkan pemberitaan media massa terkait program IKN Nusantara masih terbilang kurang maksimal.

“Publikasi harus digencarkan agar masyarakat mengetahui Pemprov Kalsel mendukung penuh pembangunan IKN Nusantara,” ucapnya.

Erlinda mengatakan prioritas Diskominfo Kalsel pada 2023 mempublikasikan konektivitas multimoda agar masyarakat mengetahui pengembangan transportasi darat, laut dan udara di Kalsel.

Ia memaparkan beberapa fasilitas transportasi yang dibangun seperti pembangunan terminal, pembangunan jalur kereta api, pembangunan pelabuhan dan jembatan di atas laut serta pembukaan rute penerbangan internasional di Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Baca juga: Kalsel kemarin, Banjarbaru penyangga IKN hingga sembilan daerah raih WTP
Dia juga mengungkapkan pembangunan fasilitas jalan strategis provinsi dan jalan provinsi yang dihubungkan dengan jalan nasional menuju lokasi IKN Nusantara sudah berjalan.

Lebih lanjut, program yang kedua adalah mengenalkan “food estate” kepada masyarakat Kalsel.

Erlinda mengatakan food estate tersebut merupakan konsep pengembangan pangan dan pencadangan pangan yang telah disiapkan oleh pemerintah setempat sebagai penyangga IKN Nusantara pada sektor pangan.

Menurut dia, pihaknya sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat perlu menyampaikan seluruh informasi ke publik terkait proses pembangunan program pendukung IKN Nusantara yang saat ini sudah berjalan di Kalimantan Selatan.

Baca juga: Gubernur Kalsel: Banjarbaru Ibukota Kalsel bergerak menuju penyangga IKN

Ia mengajak media untuk memperbanyak pemberitaan pembangunan tentang IKN.

Erlinda mengungkapkan pihaknya memiliki media informasi internal dan beberapa komunitas di desa.

Dia tidak menampik meskipun pemerintah setempat memiliki media internal dan komunitas di desa, pihaknya tetap membutuhkan peran media eksternal agar informasi pembangunan IKN secara maksimal tersebar luas di masyarakat.

Ia menyatakan Kalimantan Selatan siap pada segala sektor sebagai penyangga IKN Nusantara.

Baca juga: ULM sokong Kalsel jadi penyangga IKN Nusantara

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023