Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Ahmad Alim Bachri mengatakan kampus yang dipimpinnya siap menyokong Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

"Kita siapkan lebih banyak sumber daya manusia berpendidikan tinggi untuk menopang IKN Nusantara agar masyarakat Kalimantan bisa menjadi tuan rumah di tanahnya sendiri," kata dia di Banjarmasin, Rabu.

Menurut Alim, masyarakat di Kalimantan harus bersiap menyambut IKN termasuk Kalsel sebagai provinsi tetangga dengan tingkat pendidikan mumpuni sesuai yang dibutuhkan negara dalam roda pembangunan kedepannya.

Bagi dia, hanya mereka yang memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan bisa bersaing terlebih terbuka lebarnya persaingan level global selain secara nasional.

ULM sendiri, kata dia, percaya diri bisa berkontribusi besar berbekal layanan pendidikan tinggi yang optimal dan sudah terbukti mencetak banyak lulusan mulai sarjana hingga doktor.

Dengan akreditasi institusi A, ULM saat ini memiliki 11 fakultas terdiri dari 64 program Sarjana (S1), 24 Program Pascasarjana (S2) dan enam Program Doktor (S3).

Kemudian sumber daya dosen ditopang 400 orang bergelar doktor dan 71 guru besar yang kini melayani 34 ribu mahasiswa untuk menimba ilmu pengetahuan dan keterampilan meraih gelar akademik.

"Kami juga membangun jejaring dengan perguruan tinggi se-Kalimantan agar bisa sama-sama maju karena diperlukan sinergi dan kolaborasi mendukung suksesnya pembangunan IKN," ujar dia.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022