Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Dinkes Kalsel) bersama dengan Lembaga Forum RT dan Lurah Kelayan Luar Banjarmasin mengadakan sunatan massal gratis untuk ratusan anak pra sejahtera di Kota Banjarmasin.

“Ini adalah salah satu program pemerintah untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kalsel Budi Wahyudi di Banjarmasin, Sabtu.

Baca juga: PPNI Kotabaru gelar sunatan massal gratis meriahkan HUT ke-49

Budi menuturkan kegiatan tersebut juga sebagai upaya Pemprov Kalsel untuk menjaga kesehatan masyarakat terutama generasi muda.

“Kegiatan ini rutin digelar oleh Dinkes Kalsel, masyarakat membutuhkan program seperti ini,” ucapnya.

Dia menyebutkan banyak manfaat yang didapatkan anak-anak yang mengikuti sunatan massal tersebut, yakni membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran dan virus.

Budi berharap anak anak yang mengikuti program sunatan massal tersebut agar lebih percaya diri dan tidak takut untuk kebutuhan kesehatan.

Kegiatan sunatan massal tersebut diikuti sekitar 110 orang anak anak.

Baca juga: Sunatan massal isi rangkaian peringatan HKN Dinkes HSS

Budi mengungkapkan sebelumnya kuota yang disediakan hanya 100 orang namun karena antusias warga cukup tinggi, pihaknya memberikan kesempatan bagi anak anak warga yang ingin mengikuti program sunatan tersebut.

Sementara itu Ketua Forum RT dan Lurah Kelayan Luar Banjarmasin Zainal Arifin mengatakan peserta sunatan massal tidak hanya berasal dari Kelurahan Kelayan.

“Antusias warga cukup tinggi bahkan peserta juga ada datang dari luar kelurahan,” katanya.

Menurut dia, program pemerintah tersebut disambut bauk oleh masyarakat karena selain membantu perekonomian warga setempat juga memberikan dampak kesehatan bagi anak anak.

Zainal menyebutkan Pemprov Kalsel mengadakan sunatan massal rutin secara rutin setiap tahun di Kelurahan Kelayan Luar Kota Banjarmasin.

Baca juga: 33 anak ikut sunatan massal gratis

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023