Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berupaya menghadirkan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo saat "grand launching" atau peluncuran besar-besaran Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII pada 2023 di Kalimantan Selatan.

"Grand launching POMNAS dijadwalkan pada minggu ketiga Juni ini di Auditorium ULM di Banjarbaru, semoga Menpora bisa hadir," kata Ketua Umum Pelaksana POMNAS XVIII Muhamad Rusmin Nuryadin di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Kalsel ingin sukses prestasi sebagai tuan rumah POMNAS XVIII

Selain Menpora, peluncuran POMNAS nanti juga dihadiri para Ketua Pengurus Daerah Badan Pembinaan Olahraga Mahasiswa (Bapomi) dari 38 provinsi.

Rusmin menyebut kehadiran pengurus Bapomi dan perwakilan kontingen penting untuk menyepakati segala aturan dan teknis setiap cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Jadi nanti disampaikan technical hand book (THB) atau buku panduan teknis pelaksanaan POMNAS," tutur Rusmin.

Kemudian panitia juga merilis logo dan maskot POMNAS XVIII secara resmi untuk diketahui publik menandai gaung pelaksanaan pesta olahraga terbesar tingkat mahasiswa di Indonesia itu.

Baca juga: ULM gelorakan ajang POMNAS XVIII pertandingkan 16 cabor

POMNAS tahun ini mempertandingkan 16 cabang olahraga (cabor) yaitu atletik, panjat tebing, renang, karate, gulat, taekwondo, tenis lapangan, kempo, catur, pencak silat, bridge, sepak takraw, futsal, bulu tangkis, bola basket dan bola voli pasir.

Rusmin memperkirakan kontingen yang hadir mencapai 10 ribu orang lebih perwakilan seluruh provinsi di Indonesia memperebutkan medali bergengsi pertandingan olahraga level perguruan tinggi.

Sebelumnya, ULM sebagai "co-host" telah menggelar peluncuran kecil POMNAS XVIII 2023 pada 30 Mei 2023 lalu menandai dimulainya rangkaian acara menuju POMNAS sekitar November mendatang.

Baca juga: POMNAS 2023 tingkatkan sektor pariwisata Kalsel

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023