Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Ahmad Alim Bachri memastikan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) ke-18 pada November 2023 dapat mendongkrak sektor pariwisata tuan rumah, Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Kehadiran 10 ribu mahasiswa dari seluruh provinsi di Indonesia tentu memberikan kontribusi terhadap perekonomian Kalsel terutama sektor pariwisata," kata Alim di Banjarmasin, Minggu.

Baca juga: 10 ribu mahasiswa terlibat pada POMNAS Kalsel 2023

Oleh karena itu, Alim berharap peran aktif pemerintah daerah membantu promosi objek wisata yang bisa dikunjungi para kontingen POMNAS nanti di sela atau usai berakhir pertandingan pada setiap cabang olahraga.

Terutama di daerah yang relatif dekat dari lokasi pertandingan, yaitu Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru ataupun wilayah Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut hingga Kabupaten Barito Kuala.

Alim menyebut beberapa objek wisata unggulan Kalsel yang bisa dikunjungi antara lain maskot patung bekantan dan wisata susur sungai di Banjarmasin, Pasar Terapung Lok Baintan dan Tahura Sultan Adam serta Bukit Batu Waduk Riam Kanan di Kabupaten Banjar hingga Pulau Bakut dan Pulau Curiak di Kabupaten Barito Kuala tempat konservasi bekantan.

Baca juga: ULM dan Polda Kalsel koordinasi pengamanan POMNAS ke-18

Selain pariwisata, sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terutama pusat penjualan oleh-oleh dan barang khas Kalsel menurut Alim juga pasti banyak dicari oleh kontingen POMNAS.

Misalnya kain sasirangan sebagai kain tradisional berasal dari Kalimantan Selatan yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai salah satu dari 33 kain tradisional warisan budaya tak benda di Indonesia.

"Di Banjarmasin ada Kampung Sasirangan yang bisa dikunjungi untuk berbelanja ataupun lokasi lainnya," ungkapnya.

POMNAS tahun ini mempertandingkan 16 cabang olahraga (cabor) yaitu atletik, panjat tebing, renang, karate, gulat, taekwondo, tenis lapangan, kempo, catur, pencak silat, bridge, sepak takraw, futsal, bulu tangkis, bola basket dan bola voli pasir.

Baca juga: ULM matangkan kesiapan Kalsel tuan rumah POMNAS 2023

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023