Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin menyerahkan dana bantuan pengembangan usaha mendukung program Rukun Tetangga (RT) Mandiri di kota setempat.
 
"Kami berharap, dana bantuan untuk program RT Mandiri yang diserahkan mampu mendorong pengembangan usaha yang dijalankan kelompok masyarakat (pokmas) di lingkungannya," ujar wali kota di Banjarbaru, Selasa.

Baca juga: Walikota Banjarbaru dan Walikota Banjarmasin terima penghargaan Kota Peduli HAM
 
Pernyataan itu disampaikan wali kota usai penyerahan dana bantuan sosial program RT Mandiri kepada beberapa pokmas di Kecamatan Landasan Ulin yang ditetapkan sebagai penerima bantuan.
 
Diketahui, empat pokmas di wilayah Kecamatan Landasan Ulin menjadi penerima bantuan sosial program RT Mandiri dan dananya digunakan untuk pengembangan usaha yang dijalankan kelompok masyarakat.
 
"Dana bantuan sosial program RT Mandiri bukan untuk perseorangan tetapi untuk kelompok masyarakat sehingga diharapkan digunakan untuk pengembangan usaha yang dijalankan bersama," ucap Aditya.

Baca juga: PT Tri Buana Mas kembangkan ekonomi masyarakat
 
Aditya menuturkan, setiap pokmas menerima bantuan sosial sebesar Rp75 juta yang dapat digunakan untuk membiayai kegiatan baik dari sektor UMKM, jasa maupun sektor ekonomi lainnya.
 
Ditekankan, program RT Mandiri yang digagasnya merupakan salah satu program unggulan Pemkot dan dana bantuan diserahkan kepada kelompok masyarakat digunakan untuk berbagai kegiatan.
 
"Kegiatannya beragam, mulai dari sektor UMKM, pertanian dan sektor lainnya yang melibatkan kelompok masyarakat sehingga keberhasilan bisa dinikmati bersama-sama untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.
 
Ditambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi seluruh pokmas yang melaksanakan program RT Mandiri dan diharapkan program berlanjut di masa akan datang sehingga makin banyak hasil dinikmati masyarakat.
 
"Pesan kami, berdayakan seluruh elemen masyarakat baik kalangan ibu-ibu, pemuda dan unsur lainnya sehingga semua dapat merasakan manfaat lini usaha yang dijalankan melalui program RT Mandiri," ujarnya.
 
Perwakilan LPM Kelurahan Syamsudin Noor, Mukhyar berterima kasih atas program RT Mandiri yang membawa manfaat bagi masyarakat dan diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat.

Baca juga: Tabalong kembangkan desa melalui kelompok masyarakat sadar wisata

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023