PT Tri Buana Mas (PT TBM) bersinergi dengan masyarakat  dalam pengembangan ekonomi di sekitar perkebunan, khususnya dalam budidaya ikan.

Melalui program Astra Kreatif, PT TBM menyerahkan bantuan seperangkat alat budidaya ikan untuk kelompok perikanan di desa Buas-Buas, Tapin.

"CSR meliputi empat pilar yakni Astra Cerdas, Astra Sehat, Astra Hijau dan Astra Kreatif merupakan program CSR PT TBM-Astra Agro Lestari Tbk," kata Assiten Sustainability-CSR, Esti Setyaningsih, melalui pers release kepada ANTARA, Minggu (31/12).

Dijelaskan dia,  kegiatan PT TBM selalu berupaya untuk terus bersinergi, melalui program empat pilar tersebut sebagai wujud kepedulian PT TBM kepada masyarakat yang berada di desa ring 1 wilayah perkebunan.

Penyerahan bantuan seperangkat Budidaya Ikan merupakan program Astra Kreatif, yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan aktifitas masyarakat di bidang ekonomi.

Penyerahan bantuan seperangkat alat budidaya ikan dari PT Tri Buana Mas. (Antara/HO-PT Tri Buana Mas)

Baca juga: PT Tri Buana Mas dukung peninjauan pembangunan jalan PKT

"Kami berharap agar upaya ini dapat membantu  dalam mengembangkan usaha para kelompok perikanan, khususnya dalam budidaya ikan agar semakin berkembang," katanya.

Adapun bantuan tersebut diserahkan langsung secara simbolis pada 28 Desember 2022 oleh management PT TBM, diwakili oleh Asisten Sustainability – Fire Protection, dan Tim Edukasi.  

Bantuan diterima Ketua Kelompok Perikanan Berkah Abadi, Desa Buas-Buas, Alienor dengan didampingi kepala desa setempat, Muhammad Rafi’i.

“Kami sangat berterima kasih atas pemberian bantuan budidaya ikan yang telah diberikan PT TBM, kami juga sangat berterima kasih atas seluruh perhatian PT TBM terhadap kemajuan ekonomi masyarakat," kata Alienor.

Terlebih dari bantuan yang ada, menurut dia sangat membantu pihaknya sebagai para pelaku usaha, disamping harga barang-barang yang melonjak naik.

Pihaknya ingin supaya program ini dapat berkesinambungan, sehingga lebih banyak kelompok perikanan yang dapat terbantu dalam pengembangan usahanya.

Pendampingan pembuatan kolam bioflok dari PT Tri Buana Mas. (Antara/HO-PT Tri Buana Mas)

Baca juga: Kelompok nelayan Desa Sawaja terima bantuan bibit ikan dan kasa

Kepala Desa Buas-Buas, M. Rafi’i, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT TBM yang telah memberikan bantuan dan dukungan, baik secara materil ataupun non materil kepada Masyarakat ataupun kelompok budidaya ikan Berkah Abadi.

"Tentunya, bantuan ini sangat membantu dan bermanfaat sebagai upaya dalam mengembangkan dan meningkatkan perekonomian warga kami, terutama mereka yang ada di kelompok budidaya ikan tersebut," katanya.

Assisten Sustainability- Fire Protection PT TBM, Johan, mengatakan tidak  hanya pemberian bantuan saja, pihak PT TBM juga melakukan pendampingan dalam pembuatan kolam bioflok.

Menurut dia, kegiatan ini dilaksanakan agar terjalin rasa gotong royong dan kebersamaan, antara pihak perusahaan dan kelompok perikanan desa setempat.

“Iya, kami bersama-sama membuat kolam bioflok, agar bantuan yang telah di serahkan bisa langsung digunakan kelompok perikanan di Desa Buas-Buas, serta terwujudnya rasa gotong royong,” katanya.

Baca juga: PT Tri Buana Mas buka bersama jurnalis Tapin dan Batola

Pendampingan pembuatan kolam bioflok dari PT Tri Buana Mas. (Antara/HO-PT Tri Buana Mas)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022