Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin membuka kontes kambing yang diharapkan mampu menambah populasi hewan ternak itu sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan.
 
"Kami berharap melalui kontes ini, peternak kambing lebih semangat memelihara kambing sehingga bisa menambah populasi," ujar wali kota saat membuka kontes kambing di Kota Banjarbaru, Kamis.
 
Kontes Kambing yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Kalsel digelar di Jalan Abadi III, Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin dihadiri Ketua DPRD Fadliansyah dan undangan lainnya.
 
Menurut Aditya, tujuan kontes selain memberikan semangat juga sebagai bentuk apresiasi apa yang dilakukan peternak kambing sehingga dapat memenuhi kebutuhan daging untuk masyarakat Banjarbaru.
 
"Lomba ini sebagai bentuk apresiasi agar peternak lebih semangat dalam beternak kambing dan di sisi lain juga agar populasi kambing bertambah sehingga bisa memenuhi kebutuhan daging kambing sendiri," ungkapnya.
 
Ditekankan Aditya, selain populasi ternak khususnya jenis kambing bertambah, kesehatan hewan juga harus mendapatkan perhatian agar sehat dan aman saat dikonsumsi berbagai kalangan.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Banjarbaru, Abu Yajid Bustami mengatakan kontes kambing se-Kalsel bekerja sama dengan Universitas Lambung Mangkurat.
 
"Kami menggandeng Fakultas Peternakan menggelar kontes yang juga diselenggarakan untuk lebih memeriahkan peringatan Hari Jadi Banjarbaru ke-24 yang diperingati setiap tanggal 20 April," ungkapnya.
 
Dikatakan Abu Yajid, kontes kambing akan dijadikan sebagai kalender tahunan dengan tujuan semakin meningkatkan populasi, kesehatan hewan dan semangat petani yang harus ditingkatkan.
 
"Jumlah peserta sebanyak 80 orang dan mengikuti 6 kategori lomba dan 1 juara favorit yang dipilih langsung wali kota dan terpilih kambing Bawor sehingga mendapat hadiah jutaan rupiah," katanya.
 


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023