Puluhan siswa mengikuti lomba Inovasi Banjarmasin Smart City Ideathon tahun 2023 yang diselenggarakan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
 
"Tercatat ada 48 siswa dari delapan SMA dan SMK se-Kalsel mengikuti kegiatan yang kita selenggarakan ini," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin Windiasti Kartika di Banjarmasin, Selasa.
 
Windi, panggilan akrabnya, mengataan lomba yang bertema "Studentpreneurs" di Plaza Smart City Lantai 3, Menara Pandang Banjarmasin tersebut berlangsung dari 22-25 Mei 2023.
 
Menurut Windi, kegiatan itu sangat bermanfaat bagi peserta untuk menggali ide-ide kreatif dalam mengatasi permasalahan di Kota Banjarmasin. 
 
"Jadi pada intinya pada sebuah ide kreatifitas itu muncul permasalahan di dalam kegiatan kita sehari-hari," ujarnya.
 
Windi menjelaskan, ada enam dimensi smart city, yaitu, smart governance, smart economy, smart living, smart environment, smart society dan smart branding
 
Maka dari itu, dia berharap dari enam dimensi tersebut ide-ide para peserta bisa digali dan dimunculkan agar menjadi sebuah ide kreatif. 

Baca juga: Kadis Kominfotik: Ribuan warga gunakan super Apps "Banjarmasin Pintar"
 
 
"Nanti para pemenang akan diberikan mentor pelatihan untuk bisa merealisasikan ide-idenya," terangnya.
 
"Semoga dengan adanya kegiatan ini para siswa dapat memiliki pengetahuan mengenai bagaimana cara mengubah permasalahan atau isu terkini ke dalam sebuah ide yang nantinya akan dibentuk menjadi sebuah produk dari suatu startup," tambahnya.
 
Baca juga: Banjarmasin turunkan 179 atlet untuk pertahankan juara umum Popda 2023
Baca juga: Lomba maharagu sungai Kota Banjarmasin tahun 2023 dimulai

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023