Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Windiasti Kartika menyampaikan ribuan warga kota setempat telah menggunakan aplikasi Super Apps dalam program "Banjarmasin Pintar" atau smart city untuk menjangkau berbagai layanan di pemerintahan.
 
Menurut dia di Banjarmasin, Senin, super apps "Banjarmasin Pintar" hadir sebagai terobosan untuk memberi kemudahan bagi warga yang ingin mengurus izin usaha, dokumen kependudukan, hingga memantau arus lalu lintas kota Banjarmasin.
 
Diungkapkan Windi, super apps tersebut bisa diunduh masyarakat yang menggunakan sistem android playstore.
 
"Super apps Banjarmasin Pintar dilaunching pertama kali pada 23 Juni 2022 . Dan dalam waktu dekat sudah bisa diunduh masyarakat pengguna iPhone Operating SystemSystem (IOS)," ungkapnya.
 
Dijelaskanya, super apps ini merupakan sebuah super aplikasi yang menampung seluruh aplikasi pelayanan publik dan pelayanan pemerintahan yang dimiliki oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemerintah Kota Banjarmasin.
 
Sebagai contoh, kata Windi, di dalam aplikasi Banjarmasin Pintar itu terdapat banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk memudahkan pelayanan publik untuk warga Banjarmasin yang memerlukan.
 
"Ada Aplikasi Baapik, Baapik adalah aplikasi untuk berobat ke Puskesmas, dengan super apps ini tidak perlu lagi antre di tempat, cukup daftar melalui layanan Baapik,"ujarnya.
 
Selain itu sambungnya, dalam super apps Banjarmasin Pintar juga terdapat ATCS, Dijelaskannya, ATCS itu adalah layanan dari Dinas Perhubungan untuk memantau ruas-ruas jalan, arus lalu lintas, lewat CCTV.
 
"Yang ingin keliling di Kota Banjarmasin, agar jangan terjebak macet, bisa dipantau terlebih dahulu arus lalu lintas di dalam Super Apps "Banjarmasin Pintar" yaitu ATCS," ungkapnya.
 
Windi menambahkan contoh lain yakni bagi para Mahasiswa yang sedang kuliah dan ingin membuat surat penelitian, bisa juga lewat Super Apps "Banjarmasin Pintar" di menu Kesbangpol, jadi para mahasiswa tidak perlu repot ke-lokasi.
 
"Mulai rumah sudah bisa membuat izin penelitian itu," paparnya.
 
Terbaru, ujar Windi, terdapat pula layanan Parak Acil Online, layanan tersebut digunakan untuk mengurus dokumen kependudukan seperti KTP, KK, Akta Kelahiran dan sebagainya hanya lewat satu genggaman smartphone masyarakat Kota Banjarmasin.
Jajaran Diskominfotik Banjarmasin saat sosialisasi program Super Apps Banjarmasin Pintar ke siswa. (ANTARA/HO-Diskominfotik Banjarmasin)
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023