Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menurunkan sebanyak 179 atlet untuk bertanding dengan target juara umum pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) pada 24-28 Mei 2023.
 
Wali Kota H Ibnu Sina di Banjarmasin, Minggu, menyatakan optimistis, kontingen daerahnya bisa mempertahankan tradisi juara umum, apalagi Kota Banjarmasin bersama Kota Banjarbaru menjadi tempat penyelenggaraannya.
 
Dia pun memastikan, Pemkot Banjarmasin sudah mendukung sangat maksimal pengembangan dan pembinaan atlet pelajar persiapan ke Popda  pada 11 cabang olahraga yang dipertandingkan.
 
"Pembinaan yang sudah dilakukan baik itu dari dinas, maupun KONI serta organisasi olahraga lain akan kita pertaruhkan di sini," ucapnya.
 
Ibnu Sina berharap, para atlet bisa mendapatkan prestasi terbaik agar dapat mengharumkan nama baik mereka maupun nama baik Kota Banjarmasin.  
 
Dia meyakinkan, gelaran Popda menjadi momentum bagi para atlet pelajar meraih prestasi dan menunjukkan hasil dari semua latihan, yang telah dilakukan selama ini. 
 
"Semoga para atlet bisa menjaga kesehatan dan tetap fokus dalam bertanding, jaga sportivitas, ini hal paling penting untuk itu," katanya.  
 
Plt Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Banjarmasin Fatimah menyampaikan, menargetkan Banjarmasin kembali menjadi juara umum adalah mutlak.  
 
Menurutnya, hal itu dikarenakan segala pembinaan telah dilakukan dengan maksimal dan optimal kepada semua atlet.
 
"Target kami adalah bisa membawa 40 medali emas untuk bisa menjadi juara umum," demikian kata Fatimah.
 
Popda Kalsel 2023 mempertandingkan 11 cabang olahraga, yakni, atletik, dayung, judo, karate, kempo, menembak, panahan, panjat tebing, renang dan taekwondo.
 
Di Popda 2023 ini  dari 11 cabang olahraga tersebut sebanyak 195 nomor dipertandingkan.
 
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023