Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan dalam waktu dekat akan melakukan sidak harga pada sejumlah pasar di Paringin untuk memastikan dan mengetahui harga sejumlah bahan pokok dalam menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

“Untuk mencari solusi terkait naiknya sejumlah harga sembako di pasaran dalam waktu dekat kami akan melaksanakan sidak ke sejumlah pasar di Kabupaten Balangan,” kata Kabid Standarisasi, Stabilisasi dan Pengawasan Perdagangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP)  Balangan Riza Kurniawan di Paringin, Selasa.

Asbit menuturkan saat ini pemerintah daerah dalam menyikapi kenaikan harga sembako di sejumlah kecamatan akan melakukan kegiatan pasar murah bagi warga setempat tentunya dengan harga yang lebih murah dibanding di pasaran.

Saat ini harga sembako di pasaran untuk harga telur mencapai Rp32 ribu per kilogram, harga beras medium Rp13.500, harga ayam ras Rp28 ribu per kilo, bawang merah Rp42 ribu per kilo, cabai merah Rp80 ribu per kilo, minyak goreng Rp15 ribu per liter, gula pasir Rp14 ribu per kilogram dan bawang putih Rp34 ribu per kilogram.

“Sejumlah harga yang naik tersebut mengalami kenaikan karena langsung dari distributornya,” tuturnya.

Sementara itu salah satu pedagang sembako Fajri Manyui mengungkapkan kenaikan harga telur ini telah terjadi dalam waktu kurang lebih satu minggu yang lalu.

“Sebelumnya harga telur ayam ini hanya Rp31 ribu per kilo, dan mengalami kenaikan kurang lebihnya satu minggu yang lalu menjadi Rp32 ribu per kilo,” ungkap Fajri.

Selain harga telur ayam yang naik, harga minyak goreng mengalami penurunan harga kurang lebih dua minggu lalu harganya Rp17 ribu per liter sekarang menjadi Rp15 ribu per liter.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023