Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mendapat bantuan pusat pembangunan tiga embung untuk mencukupi ketersediaan air bagi lahan pertanian.

 Kepala Bidang Prasarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabalong, Rahmani mengatakan pembangunan enbung masing-masing di Desa Muang, Desa Teratau dan Desa Binturu.

Baca juga: Petani milenial Tabalong masuk 50 besar Young Ambassador Agriculture

"Bantuan dana APBN 2023 tahun ini berupa pembangunan tiga embung," jelas Rahmani di Tabalong, Sabtu.

Embung ini nantinya dimanfaatkan untuk mendistribusikan dan menjamin ketersediaan pasokan air bagi keperluan tanaman ataupun ternak di musim kemarau maupun penghujan.

DKP2TPH setempat juga akan melakukan optimalisasi pemanfaatan embung di Desa Nawin Kecamatan Haruai berupa pompanisasi.

Embung Desa Nawin yang dibangun 2019 ini sebelumnya mampu menampung air sekitar 8.000 kubik dan mengairi areal persawahan seluas 60 hektare lebih.

 "Optimalisasi embung Desa Nawin rencananya menggunakan dana APBD Kabupaten Tabalong," tambah Rahmani.

Desa Nawin sendiri salah satu kawasan pengembangan kampung hortikultura yang dilaksanakan mulai tahun ini.

 Termasuk Desa Seradang, Desa Bongkang, Desa Hayub dan Desa Wirang Kecamatan Haruai menjadi sasaran program kampung hortikultura di Tabalong.

Sebelumnya pengembangan kampung hortikultura untuk mendukung  KabupatenTabalong menjadi kawasan penyangga IKN mencakup Desa Lok Batu, Desa Masingai I, Desa Masingai II, Desa Kembang Kuning dan Desa Catur Karya.

Baca juga: Pemkab Tabalong usulkan 150 orang untuk diangkat P3K

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023